5 Tips Memilih Lowongan Kerja Freelance Terpercaya

5 Tips Memilih Lowongan Kerja Freelance Terpercaya | TopKarir.com
16 NOV 2022 15:57 SEPUTAR KARIR 1634 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Lowongan kerja freelance saat ini bisa didapatkan dimana saja, hal ini karena pengaruh dari perkembangan teknologi dan dunia digital yang semakin melejit. Dampaknya ada berbagai lowongan kerja freelance yang tersebar di media online.

 

Namun dari berbagai lowongan pekerjaan freelance tersebut kamu perlu berhati-hati dalam memilihnya, karena bisa saja lowongan kerja freelance yang ada pada media sosial atau media lainnya beresiko tidak terpercaya.

 

Agar kamu bisa terhindar dalam memilih lowongan pekerjaan freelance yang tidak kredibel dan tidak terpercaya, kamu bisa menyimak pembahasan kali ini mengenai bagaimana tips memilih lowongan kerja freelance terpercaya dibawah.

 

Tanpa perlu basa-basi lagi mari ikuti pembahasannya hingga akhir.

 

5 Tips Memilih Lowongan Kerja Freelance Terpercaya

Dalam memilih lowongan kerja freelance ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, mulai dari melihat dari mana asal lowongan kerja freelance tersebut, memperhatikan profile dari orang yang memasang lowongan kerja freelance hingga melakukan kroscek dan validasi apakah lowongan tersebut terpercaya atau tidak.

 

Untuk tips memilihnya kamu bisa menyimaknya berikut ini.

 

Pilih Pada Platform Freelancer

Tips memilih lowongan kerja freelance yang pertama adalah kamu bisa memilih lowongan kerja freelance pada platform freelancer terpercaya, saat ini sudah ada berbagai platform penyedia lowongan kerja freelance mulai dari website hingga aplikasi.

 

Salah satu platform yang bisa kamu pakai untuk mencari lowongan kerja freelance adalah TopKarir, disini kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan kerja freelance hingga tips mengenai karir.

 

Lowongan kerja freelance yang ada pada platform freelance biasanya merupakan lowongan kerja yang sudah divalidasi dan terbukti terpercaya dan aman, bahkan untuk memasang lowongan kerja harus ada kerjasama atau ada aturan lain jadi kamu tidak perlu khawatir saat melamar pada lowongan kerja freelance di beberapa platform freelance.

 

Perhatikan Profile Pemasangan Lowongan 

Tips memilih berikutnya adalah kamu bisa memperhatikan profile pemasangan lowongan, biasanya bisa dilihat apakah lowongan tersebut terpercaya atau tidak dilihat dari orang yang memposting lowongan tersebut. Jika akun yang dipakai bukan merupakan akun resmi maka bisa dipastikan lowongan tersebut tidak bisa sepenuhnya terpercaya.

 

Jika kamu menemukan informasi lowongan kerja pada sosial media maka kamu bisa cek terlebih dahulu akunnya, dan jika profile pemasangan lowongan menggunakan akun fake maka kamu harus mempertimbangkan kembali untuk melamar pada lowongan tersebut.

 

Cek Perusahaan Pemberi Lowongan

Berikutnya kamu bisa cek terlebih dahulu perusahaan tempat pemberi lowongan, jika kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan pada media sosial seperti LinkedIn, Sebelum mendaftar pada lowongan tersebut kamu bisa cek terlebih dahulu perusahaan pemasaran lowongan.

 

Cek kembali apakah perusahaan tersebut memang benar-benar ada atau hanya sekedar lowongan kerja hoax atau bohongan, kamu bisa lihat profile dari perusahaan serta informasi mengenai lokasi perusahaan, no telepon, hingga apakah di perusahaan tersebut memiliki karyawan lain atau tidak.

 

Jika memang perusahaan pemasang lowongan Memilih beberapa hal tersebut maka bisa dipastikan lowongan kerja freelance tersebut terpercaya dan kamu bisa mendaftarkan.

 

Validasi Lowongan Freelance

Selain melihat profil dari pemasangan lowongan kerja, untuk memastikan lowongan tersebut terpercaya kamu bisa melakukan validasi atau kroscek terlebih dengan cara bertanya pada pemasang lowongan.

 

Kamu bisa menghubunginya melalui no yang tertera pada lowongan kerja yang dipasang, atau bisa juga menanyakan pada forum freelancer apakah lowongan tersebut terpercaya atau tidak.

 

Jika pada saat menghubungi kamu tidak mendapatkan respon atau bahkan tidak dijawab maka kamu perlu mempertimbangkan kembali saat akan melamar kerja pada lowongan kerja freelance yang dipasang.

 

Perhatikan Deskripsi dan Bayaran 

Tips memilih lowongan kerja freelance yang terakhir adalah perhatian deskripsi dan bayaran yang akan dibayarkan, biasanya dalam lowongan kerja freelance ada informasi mengenai jobdesk hingga bayaran yang akan kamu dapatkan.

 

Lowongan kerja yang terpercaya dalam deskripsi nya akan lebih profesional dan detail, tidak hanya itu bayaran yang dibayarkan akan sesuai dengan jobdesk yang dikerjakan.

 

Jika kamu menemukan lowongan kerja freelance yang memberikan Bayaran tidak wajar meskipun pekerjaan yang diberikan tidak sesulit yang dibayangkan, maka kamu perlu curiga dan memastikan terlebih dahulu lowongan kerja freelance tersebut dengan melakukan beberapa tips yang sudah kami sebutkan di atas.

 

Penutup 

Sekarang sudah tau kan bagaimana cara memilih lowongan kerja freelance yang terpercaya? Seperti yang kita tahu lowongan kerja freelance saat ini banyak bertebaran di media sosial namun meskipun demikian kita perlu lebih selektif dalam memilihnya.

 

Jika kamu ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja freelance terpercaya maka TopKarir menjadi solusi yang bisa kamu coba.

 

Selain informasi mengenai lowongan kerja freelance kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.