5 Jenis Freelance Writer Dengan Penghasilan Besar

5 Jenis Freelance Writer Dengan Penghasilan Besar  | TopKarir.com
15 NOV 2022 14:43 SEPUTAR KARIR 1813 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Jika kamu orang yang suka menulis maka menjadi seorang freelance writer adalah pilihan yang pas untuk kamu, freelance writer sendiri memiliki berbagai jenis mulai dari copywriter, content writer, ghost Writer, Technical writer, hingga UX writer.

 

Beberapa jenis freelance writer tersebut tentunya bisa memberikan penghasilan tambahan bagi kamu, selain mudah bekerja sebagai seorang writer bisa sekaligus menyalurkan hobi kamu dalam menulis.

 

Namun, tidak sedikit orang yang belum mengetahui jenis freelance writer apa saja yang cocok untuk dikerjakan, belum mengetahui seperti apa jobdesk nya dan masih menganggap pekerjaan freelance writer memiliki penghasilan kecil.

 

Untuk menjawab hal tersebut mari simak pembahasan kali ini mengenai 5 jenis freelance writer dengan penghasilan besar lebih lengkapnya hingga akhir.

 

5 Jenis Freelance Writer Dengan Penghasilan Besar  

Selain bisa dikerjakan dimana saja dan tidak memerlukan alat yang banyak, menjadi seorang freelance writer tentunya memiliki penghasilan yang tidak main-main. Bidang freelance writer memiliki berbagai jenis pekerjaan, adapun untuk beberapa jenis pekerjaan freelance writer nya yaitu sebagai berikut.

 

Copywriter

Jenis freelance writer yang pertama adalah copywriter, copywriter sendiri adalah sebutan untuk orang yang melakukan proses Copywriting dan biasanya memiliki tugas untuk menulis sebuah tulisan untuk mengajak orang tertarik membeli sebuah produk.

 

Biasanya seorang copywriter akan membuat beberapa Copywriting dalam beberapa media seperti:

 

  • Tulisan di halaman website
  • Buletin email
  • Headline
  • Meta description
  • Iklan berbayar
  • Deskripsi atau caption sosial media

Pekerjaan sebagai seorang freelance copywriter Memiliki banyak peminat, hal ini karena beberapa perusahaan biasanya akan memerlukan orang untuk membuat strategi pemasaran untuk bisa membuat produknya laris di pasaran, dan salah satu solusi untuk hal tersebut adalah dengan mempekerjakan seorang freelance copywriter.

 

Gaji seorang copywriter sendiri cukup berpartisipasi tergantung dari jumlah kata atau tulisan yang dibuat, mulai dari Rp. 50 ribu - Rp. 1 juta, penghasilan tersebut sekali lagi tergantung pada beberapa faktor seperti jumlah pesanan jasa, hingga tempat dimana kita bekerja.

 

Untuk menjadi seorang freelance copywriter kamu harus bisa menguasai produk yang akan kamu pasarkan dengan menggunakan tulisan Copywriting, serta harus bisa mengetahui kebutuhan dari audiens yang akan kamu targetkan.

 

Content Writer

Freelance writer berikutnya adalah Content Writer, content writer sendiri memiliki perbedaan dengan seorang copywriter. Perbedaannya adalah seorang content writer akan bertugas untuk membuat sebuah tulisan profesional untuk website dengan menerapkan aturan SEO.

 

Contohnya membuat sebuah artikel untuk blog atau website perusahaan, seorang Content Writer juga bertugas untuk memastikan tulisannya sudah sesuai dengan visi perusahaan.

 

Bekerja menjadi seorang content writer kamu diharuskan untuk terus memutar otak dalam mencari kategori tulisan yang diminati oleh audiens.

 

Seorang content writer biasanya akan membuat tulisan yang mendalam mengenai topik tertentu dan bersifat mengedukasi, berbeda dengan seorang copywriter yang akan menyajikan tulisan dengan singkat namun harus bermakna dan bisa membuat audiens tertarik dengan produk. 

 

Saat kamu bekerja sebagai freelance content writer biasanya akan ada beberapa tugas yang akan kamu kerjakan yaitu:

 

  • Mengelola dan mendistribusikan Content
  • Melakukan riset kata kunci atau keyword
  • Melakukan pengeditan tulisan
  • Menerapkan aturan SEO dalam artikel
  • Melakukan koordinasi dengan divisi lain

Gaji seorang freelance Content Writer sendiri kebanyakan dihitung dari jumlah kata yang dibuat dalam sebuah artikel, misalnya ketika seorang freelance Content Writer membuat artikel dengan jumlah kata 600 kata, harga dari artikel yang sudah dibuat berada pada kisaran harga Rp. 60 ribu - Rp. 100 ribu, itu untuk 1 artikel bayangkan jika kamu mendapatkan projects jangka panjang dari sebuah website. Maka kamu bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah.

 

Ghost Writer

Jenis freelance writer berikutnya adalah ghost writer, jika kamu sering membaca sebuah buku memorial atau semacamnya maka kamu harus mengetahui ternyata buku-buku tersebut biasanya ditulis oleh seorang ghost writer.

 

Lalu apa itu ghost writer? ghost writer merupakan seseorang yang dipekerjakan oleh individu atau perusahaan tertentu untuk melakukan penulisan, namun hasil dari tulisan ghost writer biasanya tidak akan dicantumkan nama dari yang menulis. Namun hanya diakui oleh orang atau perusahaan yang memperkerjakannya saja.

 

Dan hasil tulisan seorang ghost writer akan diberikan copyright oleh perusahaan atau orang yang memesan jasa sehingga mereka bisa mengedit, menambah, menghapus, memperbanyak, mempublikasikan, hingga menjual tulisan tersebut.

 

Alasan seorang ghost writer banyak dibutuhkan oleh orang dan perusahaan biasanya karena beberapa alasan yaitu contohnya: ada orang yang memiliki ide banyak namun tidak tahu bagaimana menuliskannya dan contoh lain ada perusahaan yang tidak sempat menulis sendiri.

 

Ada beberapa tugas yang harus dikerjakan jika kamu menjadi seorang ghost writer yaitu diantaranya:

 

  1. Melakukan pembuatan draft kasar, mengedit, dan mengembangkan tulisan sesuai dengan keinginan client.
  2. Menyatukan beberapa tulisan hingga menjadi sebuah tulisan yang bisa di posting pada sebuah blog 
  3. Memikirkan ide tulisan dan memberikannya pada client.
  4. Melakukan riset sesuai dengan tema tulisan yang sudah diberikan client.

Adapun untuk pendapatan yang didapatkan oleh seorang ghost writer biasanya akan lebih besar dari pada para freelance writer biasanya, dan menaikkan harga sebesar 15% Sampai 20% dari harga pasaran seorang freelance writer.

 

Selain mendapatkan penghasilan, menjadi seorang ghost writer juga akan memberikan kamu networking atau relasi dengan client, dan jika mereka menyukai tulisanmu maka client tidak akan sungkan dalam memesan jasamu kembali.

 

Technical Writer

Jenis freelance writer berikutnya adalah technical writer, pekerjaan ini menjadi salah satu bidang pekerjaan yang banyak dicari oleh perusahaan, technical writer merupakan pekerjaan writer yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan writer lain.

 

Karena biasanya freelancer technical writer akan mengerjakan sesuatu yang lebih spesifik, seorang technical writer biasanya akan bertugas untuk mengubah tulisan yang asalnya panjang dan kompleks menjadi sebuah tulisan yang mudah dipahami oleh audiens.

 

Jadi singkatnya seorang technical writer bertugas untuk mengkomunikasikan informasi teknis yang kompleks dengan bahasa yang user friendly dan mudah dimengerti.

 

Untuk jobdesk lebih lengkapnya dari seorang technical writer yaitu sebagai berikut.

 

  • Menentukan kebutuhan pengguna atau audiens yang akan menambah dokumen teknis dari technical writer 
  • Mendalami produk dan berkonsultasi dengan pengembang atau pencipta produk 
  • Mengkoordinir dan membuat tulisan technical pada Dokumen untuk mendukung produk
  • Menambah foto, diagram, grafik atau hal lain yang bisa meningkatkan pemahaman penggunaan atas dokumen technical
  • Melakukan standarisasi pada seluruh konten media sosial perusahaan.
  • Melakukan revisi pada dokumen technical jika ada perubahan atau update produk.

Selain itu seorang technical writer juga akan membuat sebuah instruksi atau panduan pengguna barang agar client atau konsumen memahami bagaimana cara penggunaan produk atau barang yang dipasarkan.

 

Freelance technical writer sendiri memiliki banyak sekali peminat karena profesi ini cukup susah untuk dicari dibandingkan dengan freelance writer lain, jadi bagi kamu yang suka menulis kamu bisa mencoba mendalami bidang technical writer ini.

 

UX Writer

Jenis freelance writer yang terakhir adalah UX writer, berbeda dengan writer lain seorang UX writer biasanya akan bertugas dalam pembuatan copy untuk sebuah aplikasi atau website, dan produk digital.

 

Sebagai seorang freelance UX writer akan bertugas mencari kata yang paling efisien dan mudah diingat oleh pengguna dan digunakan dalam beberapa menu seperti, button, tabel, hingga menu navigasi dalam sebuah aplikasi.

 

UX writer akan mencari kata yang bisa memudahkan pengguna untuk Lebih mengingat aplikasi yang perusahaan, dan harus membuat sebuah micro copy yang intuitif.

 

Untuk UX sendiri singkatan dari user experience yang mana akan lebih fokus dalam hal peningkatan pengalaman pengguna, dan UX writer bertugas untuk melakukan proses UX Writing dan berperan dalam hal tersebut.

 

Biasanya seorang UX writer akan bekerja bersama tim UI design dan UX researcher dalam menjalankan projects, ketiga bidang tersebut memiliki perannya masing-masing.

 

Sebagai seorang freelance UX writer kamu harus harus bisa menguasai beberapa keahlian, diantara adalah.

 

  • Menguasai skill penulisan atau writing
  • Memiliki pola pikir desainer
  • Bisa melakukan research
  • Bisa bekerjasama dengan tim

Gaji seorang UX writer cukup besar bahkan untuk junior UX writer bisa mencapai Rp. 3 juta - Rp 7 juta dalam satu bulan, dan untuk freelance UX writer karena bisa bebas mengambil banyaknya projects dari client maka tentunya penghasilan yang didapat akan lebih besar.

 

Penutup 

Gimana sekarang sudah tahu kan jenis freelance writer itu ada apa saja? Nah bagi kamu yang tertarik berkarir menjadi seorang writer kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan kerja freelance melalui TopKarir.

 

Disini kamu akan mendapatkan berbagai informasi mengenai lowongan kerja dan mendapatkan informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

 


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.