15 Tools Project Management Terbaik untuk Freelancer

15 Tools Project Management Terbaik untuk Freelancer | TopKarir.com
14 NOV 2022 14:02 SEPUTAR KARIR 1155 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Menjadi seorang freelance kita terkadang terlalu banyak menggunakan waktu untuk memanage project daripada mengerjakannya, hal ini karena kita sebagai seorang freelance tidak mengetahui seperti apa management projects yang baik dalam pekerjaan.

 

Namun sisi baiknya, saat ini sudah ada banyak tools projects management yang bisa membantu kita dalam manajemen project yang kita dapatkan dari client.

 

Jika kamu bosan menggunakan tools seperti Spreadsheet, Excel, atau bahkan menggunakan sebuah catatan untuk projects management, kamu tidak perlu khawatir.

 

Dibawah ini saya telah merangkum beberapa tools projects management yang bisa kamu pakai, tools berikut adalah tools project management terbaik yang sudah saya coba dan terbukti membantu dalam hal management project.

 

Kamu bisa memilih tools mana yang akan kamu pakai pada saat bekerja sebagai freelance, adapun untuk tools nya sendiri ada yang gratis dan berbayar, namun kamu bisa menggunakan uji coba gratis dalam memakainya.

 

15 Tools Project Management Terbaik untuk Freelancer

Dalam bekerja menjadi seorang freelancer tentunya projects management merupakan hal yang penting, karena biasanya kita bisa mengerjakan beberapa projects dalam satu waktu, oleh karena itu beberapa tools projects management ini bisa sangat berguna bagi kamu.

 

Apa saja tools nya? Mari simak pembahasan lebih lengkapnya di bawah.

 

Monday

 

Tools projects management yang pertama adalah Monday, tools ini merupakan salah satu tools projects management terbaik yang bisa kamu gunakan saat menjadi seorang freelance.

 

Monday akan memberikan berbagai tampilan untuk bisa memudahkan kamu dalam bekerja, kamu bisa menggunakan Monday seperti halnya tampilan Excel agar mudah digunakan atau bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pekerjaanmu.

 

Dengan menggunakan tools projects management Monday kamu juga bisa bekerja dengan tim di jarak jauh dan berkolab dengan mereka, dengan menggunakan tools ini maka Project bisa di lihat perkembangannya, selain itu kamu bisa mengintegrasi berbagai aplikasi pada tools ini.

 

Freshbooks

 

Berikutnya adalah tools projects management Freshbooks, tools ini menjadi tools yang bisa membantu freelance dalam manajemen project karena sudah memiliki segala jenis fitur yang dibutuhkan dalam projects management. Maka tidak heran freshbooks merupakan tools projects management terbaik dan cukup populer untuk digunakan.

 

Dengan menggunakan Freshbooks kamu bisa memanajemen projects dengan tepat waktu, serta tidak hanya itu dengan tools ini kamu bisa mengerjakan projects dengan lebih baik karena dibantu mengenai segala detail pekerjaan.

 

Freshbooks banyak dipakai oleh para freelancer untuk management projects dari client, bila kamu tertarik menggunakan tools ini kamu bisa mencoba uji coba terlebih dahulu 30 hari. lalu jika dirasa cocok bisa menggunakannya dengan jangka waktu lebih lama.

 

HoneyBook

 

Tools projects management HoneyBook merupakan tools yang all-in-one bagi para freelance, hal ini karena HoneyBook memiliki banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan untuk memanajemen pekerjaan, contohnya kamu bisa menggunakan tools ini untuk membuat proposal dan bahkan faktur penagihan.

 

Dengan menggunakan tools ini selain bisa membuat proposal kamu juga bisa mengedit, dan mengirim nya kepada client, fitur lain dari tools ini yaitu bisa memberikan notifikasi dari perkembangan Project para client.

 

Dengan beberapa fitur tersebut tentunya menjadikan tools ini menjadi salah satu tools project management terbaik dan banyak digunakan oleh para freelance di seluruh dunia karena memiliki dashboard yang cantik dan kamu bisa memilih perkembangan Project, proposal, hingga faktur dalam satu tempat.

 

Trello

 

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan tools projects manajemen yang satu ini, trello merupakan tools projects manajemen yang cukup populer bagi para freelancer yang sering memanfaatkan papan tulis untuk bekerja.

 

Dengan menggunakan tools trello segala bentuk pekerjaan bisa lebih sederhana dan mudah dimengerti, dalam penggunaannya bahkan kita. Bisa menggunakan tools ini menggunakan handphone.

 

Tools project management trello memungkinkan kita untuk bisa mengatur segala sesuatu dengan menggunakan catatan yang dikategorikan berdasarkan progres dari tahap pengerjaan project, selain itu biasanya tools ini juga sering digunakan dalam memanajemen sebuah Content untuk kebutuhan sosial media.

 

Trello sangat Cocok bagi para freelancer yang tidak ingin ribet dalam melakukan manajemen project pada pekerjaan mereka.

 

FunctionFox

 

Tools projects management berikutnya adalah FunctionFox, tools ini berguna untuk membantu kamu dalam mengelola anggaran, membantu kamu agar tetap teratur dalam mengerjakan project, serta membantu kamu agar bisa mengerjakan projects dalam waktu yang sudah ditentukan.

 

Tools ini memiliki tampilan yang menarik dan indah, hal ini untuk bisa membantu meningkatkan produktivitas dalam mengerjakan project, fitur terbaik yang ada pada tools ini adalah bagian dashboard nya yang bisa dikostumisasi dan disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

 

FunctionFox saat cocok bagi para freelancer yang suks pilih pilih dalam menggunakan tools project management karena disini kamu bisa menyesuaikan tampilan sesuai keinginan kamu.

 

Kamu bisa mencoba tools ini terlebih dahulu dalam uji coba selama 14 hari, baru setelah cocok kamu bisa menggunakannya dalam projects management pekerjaan freelance.

 

ProofHub

 

ProofHub merupakan tools projects management yang bisa membantu kamu dalam mengerjakan pekerjaan dari client, dengan menggunakan tools ini kamu bisa mengganti beberapa tools lain yang sering kamu pakai dalam bekerja.

 

Tools ini berguna untuk memanajemen projects dan berkomunikasi dengan client, Disini kamu bisa berkolaborasi dalam mengerjakan sebuah Project dan menambahkan orang baru serta mengedit akses nya.

 

Selain itu, pada tools ini juga memberikan kemudahan dalam hal komunikasi karena sudah memiliki aplikasi obrolan bawaan yang memungkinkan segala bentuk koordinasi dilakukan dalam satu tempat yang sama.

 

Tools ProofHub ini sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi pihak ketiga, contohnya seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan aplikasi penyimpanan data lainnya.

 

Sebelum menggunakan versi berbayar kamu bisa menggunakan tools ini dengan menggunakan uji coba terlebih dahulu, lalu jika dirasa cocok kamu bisa menggunakan full version nya dengan membayar sejumlah biaya langganan.

 

Asana

Tools projects management selanjutnya adalah Asana, meskipun dalam menggunakan nya kamu membutuhkan waktu untuk beradaptasi dalam memahami berbagai fitur yang ada didalamnya, Namun jika kamu sudah terbiasa tools ini akan banyak memudahkan kamu dalam bekerja dan menjalankan tugas sehari-hari.

 

Asana adalah tools projects manajemen yang memiliki berbagai fitur di dalamnya, contohnya seperti fitur membuat projects, menambah orang, dan melihat perkembangan dari project yang sedang berjalan.

 

Dengan menggunakan Asana maka kamu bisa dengan mudah dalam mengelola tim, memberikan tugas, dan mengawasi projects yang sedang berjalan dengan mudah dsn efektif.

 

Everhour

 

Berikutnya adalah tools projects management everhour, meskipun tools ini berfokus dalam proses manajemen waktu, namun dengan menggunakan tools ini kamu juga bisa mendapatkan berbagai hal lain untuk mendukung projects management.

 

Dengan tools ini kamu bisa melakukan beberapa hal seperti menambah waktu pengerjaan project, mengirimkan faktur, dan membuat laporan. 

 

Karena tools everhour sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi maka kamu bisa menggunakan tools Asana, Trello, ClickUp, Jira, Basecamp, dan banyak lagi melalui tools everhour.

 

GanttPRO

 

Tools project management berikutnya adalah GanttPRO, tools ini merupakan tools projects management yang bisa digunakan dalam pembuatan projects tanpa batas. Kamu bisa menggunakan tools ini terlebih dahulu dalam versi uji coba gratis terlebih dahulu karena hanya dengan versi uji coba kamu bisa mendapatkan berbagai fitur yang akan membantumu dalam manajemen Project.

 

Dengan menggunakan tools GanttPRO, kamu bisa membuat tugas dan projects hanya dalam hitungan menit saja menggunakan kurva pembelajaran. Oleh karena itu, kamu tidak perlu membuang waktu untuk mencari tahu bagaimana cara kerja tools ini karena mudah digunakan setelah mencobanya dalam 10-15 menit saja. 

 

GanttPRO memiliki berbagai fitur yang akan membantu kamu dalam mengerjakan projects freelance, kamu bisa manajemen tugas, melakukan pencatatan waktu, menuliskan deadline waktu, menghitung biaya dan manajemen anggaran, serta membuat laporan. Selain itu, kamu juga  bisa dengan mudah mengekspor projects kamu ke dalam format PDF, PNG, dan Excel atau membaginya dengan pihak ketiga.

 

17Hats

 

Tools projects management berikutnya yang akan memberikan Solusi lengkap bagi para  freelancer adalah tools 17Hats, 17Hats adalah tools manajemen proyek dan banyak lagi. Tools ini memiliki lebih dari  18 fitur berbeda yang terpasang di platformnya, kamu bisa sepenuhnya menjalankan pekerjaan menggunakan tools 17Hats.

 

Dalam penggunaannya, kamu bisa mengelola proyek dan melihat apa yang sedang atau akan dikerjakan, dan juga kamu bisa memastikan proyek tetap berjalan sesuai apa yang sudah direncanakan di awal. Kamu juga bisa membuat sebuah faktur, melakukan pembukuan, dan bahkan membuat penjadwalan online.

 

TimeCamp

 

Berikutnya adalah tools projects management TimeCamp, tools ini memungkinkan kamu dalam melakukan pelacakan waktu yang komprehensif. Tools ini berbeda dengan tools projects manajemen gratis lainnya, karena Memiliki tampilan yang transparan dengan fitur tak terbatas. Selain itu, kamu bisa menambahkan tag ke setiap proyek atau tugas untuk membuat alur kerja menjadi lebih teratur dan.

 

Kamu bisa membuat laporan berdasarkan waktu serta melakukan pengaturan khusus pada tools nya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu kamu bisa melihat penganggaran serta bisa memperkirakan dan mengawasi sumber daya yang dimiliki.

 

TimeCamp dapat menyederhanakan alur kerja dengan pelacakan waktu yang akurat. Serta Mengetahui berapa banyak waktu yang biasanya dihabiskan dalam mengerjakan projects. Dengan begitu kamu bisa memberikan perspektif baru tentang kinerja kita sendiri dan tim.

 

Kamu bisa menggunakan tools ini dengan gratis, karena tools ini menawarkan paket gratis yang mencakup pengguna, proyek, dan tugas tanpa batas.

 

ClickUp

 

ClickUp adalah tools projects management yang bisa membantu kamu dalam mengelola projects, Jika kamu menggunakan Tools projects management Asana atau Monday maka dengan menggunakan tools ini seolah-olah kedua tools tersebut digabungkan dan digandakan menjadi sesuatu yang lebih besar. 

 

Meskipun terlihat tampak berlebihan namun dengan menggunakan ClickUp maka kamu bisa membuat projects management untuk freelancer menjadi lebih mudah.

 

Dengan banyaknya fitur otomatisasi dan integrasi yang tersedia pada tools ClickUp maka proses kamu dalam mengerjakan projects akan menjadi lebih teratur. 

 

Contohnya, kamu dapat mengatur formulir dan menempatkan ke dalam situs web kamu sehingga secara otomatis membuat tugas untuk kamu kirimkan kepada client yang memesan jasa. 

 

Plutio

 

Tools projects management terbaik untuk Freelancer berikutnya adalah Plutio, Plutio adalah sebuah tools projects management untuk freelancer yang dapat melakukan berbagai tugas dan membantu kamu dalam mengerjakan pekerjaan. Contohnya membuat Faktur, melakukan pelacakan waktu, membuat proposal, CRM, dan memiliki berbagai fitur lainnya.

 

Dalam tools ini juga memiliki tempat chat bawaan yang memungkinkan kamu tidak perlu menggunakan tools chat lain seperti slack, sehingga dengan begitu kamu bisa berkomunikasi dengan tim secara lancar.

 

Dengan menggunakan Plutio kamu bisa menambahkan template baru untuk proposal, tugas, kontrak, dan faktur, serta membantu kamu berada pada alur pengerjaan project yang benar. Tampilkan dari Desain antarmuka pengguna Plutio juga sangat mengesankan dan memiliki tampilan menarik sehingga membuat para freelancer betah bekerja menggunakan tools ini!

 

Bonsai

 

Tools projects management terbaik untuk Freelancer berikutnya adalah Bonsai, Bonsai memiliki semua yang kamu butuhkan dalam hal projects management dan akan membantu kamu dalam menempatkan manajemen proyek freelance dengan sistem autopilot.

 

Dengan menggunakan tools bonsai kamu bisa dimudahkan dalam berbagai hal terutama saat proses projects manajemen dari pekerjaan yang akan kamu kerjakan sebagai seorang freelance.

 

Bonsai memiliki uji coba 30 hari, jadi sebelum berlangganan kamu bisa memanfaatkan masa uji coba ini untuk menggunakan bonsai sebagai tools manajemen proyek.

 

Hectic

 

Tools projects management terbaik untuk Freelancer yang terakhir adalah hectic, tools ini merupakan tools all-in-one yang dibuat untuk memudahkan para freelancer, Hectic adalah Salah satu tools projects management terbaik yang memiliki berbagai fitur yang membantu Anda merampingkan proyek dan menghemat lebih banyak waktu.

 

Jika kamu memiliki banyak proyek yang berjalan sekaligus, maka kamu bisa memanfaatkan fitur filter untuk melihat daftar projects sesuai yang kita inginkan. Selain itu kamu bisa mengelola lampiran, status, sub-tugas untuk setiap proyek, dan banyak lagi.

 

Hectic adalah tools projects management yang dibuat untuk para freelancer agar dalam bekerja bisa tetap berjalan lancar. untuk menggunakan tools ini kamu bisa memiliki paket gratis karena dengan paket gratis juga sudah lebih dari cukup dalam membantu melakukan manajemen project.

 

Tertarik Menggunakan Tools Projects Management?

Nah itu tadi pembahasan mengenai 15 Tools Project Management Terbaik untuk Freelancer, dengan menggunakan beberapa tools tersebut tentunya akan membantu kamu dalam memanajemen pekerjaan terutama jika kamu seorang freelance yang bekerja sendiri.

 

Oleh karena itu wajib rasanya memiliki dan menguasai tools projects manajemen agar jasa freelance kita bisa lebih teratur, terjadwal, serta lebih profesional.

 

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja freelance, kamu bisa mengunjungi TopKarir karena disini ada berbagai informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap.

 

Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.