Cara Mengirim Lamaran Kerja Freelance Beserta Contohnya

Cara Mengirim Lamaran Kerja Freelance Beserta Contohnya | TopKarir.com
30 NOV 2022 16:31 SEPUTAR KARIR 1869 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

 

Untuk bisa bekerja freelance tentunya sama halnya dengan pekerjaan lainnya yang mana membutuhkan surat lamaran yang dikirimkan pada perusahaan atau client. Namun perbedaan antara lamaran kerja freelance dan lamaran kerja full time biasanya terletak dari kalimat yang ada didalamnya.

 

Mungkin kamu salah satu orang yang belum bisa membedakan antara lamaran kerja freelance dan full time, namun meskipun demikian kamu tidak perlu khawatir karena pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai cara mengirim lamaran kerja freelance beserta contohnya.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana caranya bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya hingga akhir dibawah.

 

Cara Mengirim Lamaran Kerja Freelance Beserta Contohnya 

Lamar kerja freelance biasanya akan dikirimkan ketika freelance memiliki bekerja freelance di suatu instansi, lembaga, atau perusahaan. Jika seorang freelance bekerja di perorangan lamaran kerja ini hanya untuk opsional saja. 

 

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email 

Lamaran pekerjaan yang dikirim oleh freelance biasanya kirimkan melalui email agar lebih profesional, lalu seperti apa cara mengirimkannya? Berikut adalah caranya.

 

Gunakan Email Profesional

Cara yang pertama kamu bisa membuat terlebih dahulu email yang profesional dan tidak alay, biasanya recruiter atau HRD akan menilai baik lamaran kerja yang dikirimkan melalui email yang profesional.

 

Email profesional itu seperti apa? Biasanya email profesional tidak memiliki karakter yang macam-macam, cukup hanya dengan nama lengkap kamu atau jasa yang kamu tawarkan. Contohnya : rizkiramadan@gmail.com atau jasafreelancerdesain@gmail.com.

 

Memakai Subjek Email

Berikutnya kamu harus memasuki subjek pada email lamaran pekerjaan supaya HRD atau orang yang menerima email lamaran kamu bisa mengetahui bahwa email yang kamu kirimkan merupakan sebuah lamaran pekerjaan.

 

Biasanya subjek yang biasa dipakai dalam lamaran pekerjaan adalah mencantumkan posisi lamaran dan nama lengkap pelamar. Contohnya : Freelance Desain Grafis - Rizki atau Freelance Copywriter - Hakim Adi.

 

Lampirkan Dokumen Pendukung 

Dalam surat lamaran kerja yang kamu kirimkan melalui email kamu harus melampirkan beberapa dokumen pendukung agar HRD mengetahui seperti apa kamu lebih dalam, serta kamu juga harus melengkapi syarat yang ada pada lowongan kerja freelance yang akan kamu lamar tersebut.

 

Beberapa dokumen pendukung yang biasanya akan dilampirkan dalam lamaran kerja freelance diantaranya adalah sebagai berikut:

 

  • CV
  • Portofolio
  • Ijazah atau Transkrip Nilai
  • Foto 
  • Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)

Dari beberapa dokumen yang sudah disebutkan diatas biasanya tidak semua harus dilampirkan, karena tergantung dari lowongan freelance apa yang akan kamu lamar. Namun yang paling wajib dan harus dimiliki oleh seorang freelancer adalah dokumen CV dan Portofolio.

 

Tambahan Kalimat Lamaran Kerja 

Cara berikutnya kami bisa menambah kalimat lamaran pekerjaan, biasanya isi dari kalimatnya akan berbeda-beda sesuai dengan posisi yang dilamar, namun ada beberapa hal yang wajib ada di setiap lamaran pekerjaan tersebut. Diantaranya adalah:

 

  • Waktu Pembuatan Lamaran
  • Perihal
  • Tertuju ke siapa
  • Salam Pembuka
  • Perkenalkan diri
  • Inti Lamaran
  • Salam Penutup

Beberapa poin diatas merupakan salah satu hal yang wajib ada dalam surat lamaran pekerjaan, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lengkapnya mengenai struktur surat lamaran tersebut kamu bisa menyimak contoh pada pembahasan di bawah.

 

Contoh Lamaran Kerja Freelance 

Bagi kamu yang masih bingung seperti apa struktur surat lamaran untuk seorang freelance, kamu bisa menyimak contoh surat lamarannya berikut ini.


Sukabumi, 20 November 2022

Perihal: Surat Lamaran Freelance Copywriter 

 

Kepada Yth.

Bapak/ibu HRD

PT Top Karir Indonesia

Jl. Melawai Raya No. 65 Lt. 5, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12130

 

Dengan hormat,

 

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari situs Linkedin.com pada tanggal 20 November 2022, bahwasannya perusahaan Anda sedang membuka lowongan freelance pada bagian Copywriter. Untuk itu, saya yang bertanda tangan di bawah :

 

Nama : Obi Ramdhani 

Tempat/Tanggal lahir : Sukabumi, 15 Desember 1999

Pendidikan : S1 Teknik Informatika, Harvard University 

Email : obiramdhani@gmail.com

No. HP / WA : 08123454321

 

Dengan surat ini saya menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut. Sebagai pertimbangan bapak/ibu, saya melampirkan berkas:

 

  • Cv 
  • Ijazah dan transkrip nilai
  • Foto terbaru (3×4)
  • Fotokopi Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)

Besar harapan saya untuk dapat terpilih untuk tes dan wawancara lebih lanjut, serta dapat menempati posisi copywriter pada perusahaan bapak/ibu. Demikian surat lamaran kerja ini saya tulis, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

 

Obi Ramdhani 


 

Kesimpulan 

Meskipun freelance biasanya tidak membutuhkan lamaran pekerjaan dalam mendapatkan sebuah project dari client, namun beda halnya ketika kamu ingin bergabung dalam sebuah proyek freelance di suatu perusahaan. Yang mana lamaran kerja ini harus kamu kirimkan terlebih dahu untuk syarat diterima bekerja.

 

Agar kamu tidak salah mengirimkan surat lamaran pekerjaan freelance dan full time, maka ada baiknya kamu harus melihat contohnya terlebih dahulu pada pembahasan diatas tadi, dan kamu juga bisa menggunakan template tersebut untuk melamar pekerjaan freelance.

 

Bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan freelance kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan kerja nya Melalui TopKarir, selain lowongan mengenai lowongan pekerjaan kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.