Kerja Freelance Tanpa Skill? Emangnya Bisa?

Kerja Freelance Tanpa Skill? Emangnya Bisa? | TopKarir.com
11 NOV 2022 13:34 SEPUTAR KARIR 1078 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Bekerja sebagai freelance tentunya bisa dilakukan oleh siapapun, baik itu orang yang memiliki skill atau kemampuan yang mahir dalam bidangnya atau orang yang hanya memiliki skill pas-pasan dan bahkan tidak memiliki skill sama sekali.

 

Lalu emangnya bisa kerja freelance tanpa skill? Jawabnya tentu bisa, saat ini bidang pekerjaan tidak hanya terbatas pada pekerjaan yang berhubungan dengan data, hitungan, atau bahkan hal rumit lainnya. Karena ada juga pekerjaan yang bisa kerjasama oleh setiap orang.

 

Kalo Tanpa Skill Kerjanya Gimana?

Jika ada pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan tanpa skill lalu pekerjaan itu apa? Untuk menjawab hal ini maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu inti dari pekerjaan itu sendiri.

 

Seperti yang kita tahu bahwa pekerjaan membutuhkan 3 aspek dasar saat menyelesaikan nya yaitu Waktu, Tenaga, dan Skill.

 

Meskipun ada dari salah satu aspek tersebut tidak kamu miliki misalnya skill, maka tentunya masih ada pekerjaan yang bisa kamu kerjakan dengan memanfaatkan waktu dan tenaga.

 

Namun jika kamu ingin mendapatkan bayaran yang setimpal dan besar maka tentunya kombinasi dari ketiga nya diperlukan, karena biasanya pekerjaan dengan bayaran yang tinggi membutuhkan skill yang tinggi pula.

 

Pekerjaan Freelance Tanpa Skill

Seperti yang kita tahu bahwa bekerja sebagai freelance tidak melulu harus mengandalkan skill, karena kita juga memiliki hal lain yang bisa menunjang pekerjaan salah satunya adalah waktu dan tenaga, oleh karena itu bisa mencari pekerjaan yang banyak mengandalkan hal tersebut.

 

Berikut beberapa rekomendasi pekerjaan yang bisa kamu coba meskipun tanpa skill:

 

Penonton Live Streaming

Pekerjaan freelance tanpa skill yang yang pertama adalah sebagai penonton bayaran live streaming, pekerjaan ini bisa kamu kerjakan tanpa menggunakan skill. karena kamu hanya perlu untuk menonton sebuah streaming dari client yang memesan dan kemudian mendapatkan bayaran.

 

Dalam bidang pekerjaan ini kamu hanya perlu menyiapkan waktu untuk bekerja, karena biasanya para penonton live streaming akan pekerjaan dan menonton live streaming tersebut hingga beberapa jam.

 

Tentunya kamu juga harus menyiapkan koneksi internet serta platform yang digunakan misalnya handphone atau laptop tergantung dengan kebutuhan.

 

Pengisi Kuisioner 

Pekerjaan freelance tanpa skill berikutnya yang bisa kamu coba adalah menjadi seorang pengisi Kuesioner, pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan yang paling mudah untuk dikerjakan.

 

Kamu hanya perlu mengisi kuesioner tersebut sesuai dengan apa yang terdapat didalamnya, namun karena pekerjaan ini mudah biasanya bayaran yang akan diterima sangat kecil.

 

Meskipun demikian jika kamu mengikuti dan mengisi banyak kuesioner tentu bayarnya akan semakin besar pula. 

 

Saat ini ada banyak sekali orang yang membutuhkan jasa ini mulai dari para akademisi, pemerintahan, hingga perusahaan besar yang sedang menguji coba produknya dan ingin mendapatkan data dari konsumen.

 

Entry Data atau Input Data

Berikutnya adalah pekerjaan freelance sebagai entry data, pekerjaan ini berhubungan dengan bidang administrasi namun meskipun demikian kita tidak memerlukan skill tentang administrasi atau bahkan akunting. 

 

Tugas seorang Entry data cukup sederhana, kamu hanya perlu mengisi data sesuai dengan apa yang sudah diperintahkan oleh client yang memesan jasamu.

 

Bekerja sebagai seorang freelance entry data tentunya banyak mengeluarkan waktu karena biasanya data yang diinput bisa lebih dari ribuan data.

 

Transcribe Audio

Pekerjaan freelance tanpa skill yang terakhir adalah sebagai transcribe audio, mungkin pekerjaan ini jarang diketahui orang sebagai orang. Namun ternyata pekerjaan ini cukup menjanjikan dan kamu bisa pekerjaan tanpa harus memiliki skill yang berarti.

 

Seorang transcribe audio biasanya akan bertugas untuk menuliskan tulisan sesuai dengan yang ada pada Audio atau rekaman.

 

Kamu hanya perlu menulis sesuai dengan rekaman dan tidak ada yang diubah, tentunya pekerjaan ini cukup mudah namun kita harus berkorban waktu untuk mengerjakannya.

 

Resiko Memilih Pekerjaan Freelance Tanpa Skill

Meskipun pekerjaan freelance tanpa skill mudah untuk dikerjakan namun ada beberapa resiko yang akan kamu dapatkan saat memilih beberapa perkembangan tanpa skill tersebut.

 

Apa saja resikonya? Mari Simak pembahasan lebih lengkapnya di bawah.

 

Persaingan Tinggi

Bekerja tanpa menggunakan skill tentunya akan menghadirkan tingkat persaingan yang tinggi, meskipun permintaan akan pekerjaan tersebut banyak namun saingan kita dalam mendapatkan pekerjaan tersebut juga akan tinggi.

 

Tentu ini Berbeda halnya dengan seseorang yang memang memiliki skill yang spesifik, mereka bisa memilih pekerjaan sesuai dengan skillnya. 

 

Harus Siap Cape

Karena kebanyakan lowongan pekerjaan freelance bagi orang yang hanya memiliki skill pas-pasan itu kebanyakan mengandalkan waktu dan tenaga, maka kamu harus siap-siap capek saat bekerja.

 

Biasanya semakin mudah pekerjaan maka tenaga yang kita keluarkan malah makin banyak, contohnya seperti pekerjaan entry data yang mengharuskan kamu meng input data hingga ribuan.

 

Bayaran Kecil

Berbeda dengan pekerja yang memiliki skill tertentu misal website developer, data analyst dan pekerjaan lain yang mengandalkan skill untuk bekerja, pekerjaan freelance tanpa skill biasanya bayaran yang akan diterima oleh freelancer tidak besar.

 

Hal ini karena dilihat dari tingkat kesulitannya dan banyaknya orang yang juga berminat untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

 

Oleh karena itu, jika kamu ingin mendapatkan bayaran besar minimal harus menguasai bidang pekerjaan dan memiliki skill tertentu.

 

Namun jika kamu sudah puas dengan bayaran tersebut maka tidak ada salahnya terus mencari Project pekerjaan freelance yang tanpa skill.

 

Mengorbankan Waktu 

Selain mengorbankan tenaga, biasanya resiko yang didapat saat memilih pekerjaan freelance tanpa skill adalah harus mengorbankan waktu.

 

Contohnya menjadi seorang penonton live streaming, meskipun pekerjaan tersebut tidak membuat kamu pusing dan capek, namun kamu harus mengorbankan hal lain yaitu waktu. 

 

Penutup 

Nah, mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai kerja freelance tanpa skill, semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang merasa ragu untuk bekerja karena belum memiliki skill yang mumpuni.

 

Kamu bisa menutup kekurangan atas belum memiliki skill tersebut dengan memanfaatkan dua hal lain yaitu waktu dan Tenaga. Jadi kamu bisa tetap bekerja dengan memiliki pekerjaan freelance yang mengandalkan dua hal itu.

 

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja freelance, kamu bisa mengunjungi TopKarir, selain mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja kamu juga bisa membaca berbagai tips seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.