Mengenal Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan Lengkap dan Terbaru 2022

Mengenal Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan Lengkap dan Terbaru 2022 | TopKarir.com
07 JUL 2022 14:57 PEMBEKALAN KARIR 6939 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Sebagai seorang karyawan yang bekerja di Indonesia tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya BPJS ketenagakerjaan, karena hampir semua karyawan di Indonesia pasti memiliki BPJS ketenagakerjaan ini.

 

Akan tetapi meskipun banyak dari kita yang memiliki BPJS ketenagakerjaan ini namun saat ini masih ada yang belum paham mengenai apa itu BPJS ketenagakerjaan Dan juga apa sebenarnya fungsi dari BPJS ketenagakerjaan ini dan seperti apa cara pencairan BPJS ketenagakerjaan serta mengetahui BPJS ketenagakerjaan terdekat.

 

Mengenal Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan Lengkap dan Terbaru 2022

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai fungsi dan juga manfaat dari BPJS ketenagakerjaan ini untuk para pekerja ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu apa itu BPJS ketenagakerjaan, kalian yang ingin mengetahuinya kalian bisa menyimaknya di bawah.

 

BPJS Ketenagakerjaan adalah?

BPJS ketenagakerjaan adalah sebuah program pemerintah yang berupa layanan jaminan sosial dan juga proteksi untuk memberikan sebuah perlindungan bagi tenaga kerja yang ada di Indonesia hingga mereka pensiun.

 

Program pemerintah ini sebelumnya dinamakan sebagai Jamsostek atau jaminan sosial tenaga kerja namun kemudian Jamsostek ini dirubah menjadi BPJS ketenagakerjaan, hal ini berdasarkan pada undang-undang 24 tahun 2011 tentang BPJS yang diresmikan sejak 1 Januari 2014 dan mulai beroperasi aktif pada bulan Juli 2015.

 

Adapun untuk BPJS ketenagakerjaan ini merupakan sebuah program wajib pemerintah oleh karena itu setiap perusahaan di Indonesia harus mendaftarkan para karyawannya pada program BPJS ketenagakerjaan ini, Adapun untuk fungsi dari BPJS ketenagakerjaan itu sendiri yaitu sebagai berikut.

 

Fungsi BPJS Ketenagakerjaan

Setelah kalian mengetahui apa itu BPJS ketenagakerjaan saat ini ada baiknya Kalian juga harus mengetahui fungsi dari BPJS ketenagakerjaan tersebut, Adapun untuk fungsinya sendiri sudah diatur berdasarkan undang-undang nomor 40 tahun 2004 yaitu tentang sistem jaminan sosial nasional, yang mana sistem ini terdiri dari beberapa jaminan antara lain.

 

  • Jaminan kecelakaan kerja (JKK)
  • Jaminan hari tua
  • Jaminan pensiun
  • Jaminan kematian

Selain memberikan fungsi untuk beberapa jaminan untuk karyawan yang ada di Indonesia BPJS ketenagakerjaan juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai berikut.

 

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Ada banyak sekali manfaat dari BPJS ketenagakerjaan yang bisa dirasakan oleh karyawan dan juga perusahaan Adapun untuk beberapa manfaatnya yaitu:

Manfaat untuk karyawan

  • Mendapatkan beasiswa untuk anak
  • Mendapatkan dana pensiun
  • Mendapatkan tabungan hari tua
  • Mendapatkan biaya pengobatan kecelakaan kerja
  • Mendapatkan santunan tunai dari kecacatan ataupun kematian

Manfaat untuk perusahaan 

  • Bisa menghindarkan perusahaan dari sanksi
  • Dapat meringankan beban perusahaan
  • Dapat meningkatkan loyalitas dari karyawan
  • Dapat menarik kandidat terbaik untuk bergabung

Inilah BPJS Ketenagakerjaan call center 2022

Bagi kalian yang ingin menyampaikan keluhan ataupun mendapatkan informasi mengenai kebutuhan BPJS ketenagakerjaan kalian bisa menghubungi langsung BPJS Ketenagakerjaan call center pada nomor 175.

 

Kalian bisa mendapatkan layanan BPJS ketenagakerjaan ini selama 24 jam, jadi akan mempermudah bagi masyarakat untuk menghubunginya karena waktunya cukup panjang yaitu mulai pukul 06.00 sampai 22.00.

 

Cara Masuk Halaman BPJS Ketenagakerjaan login

Bagi kalian yang ingin masuk halaman BPJS ketenagakerjaan login kalian bisa mengunjungi langsung pada sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, setelah masuk pada halaman tersebut kalian bisa melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan beberapa dokumen antara lain:

 

  1. Nomor KPJ aktif
  2. Nama lengkap
  3. Tanggal lahir
  4. Nomor KTP
  5. Nama ibu kandung
  6. Nomor ponsel
  7. Alamat email aktif
  8. Konfirmasi PIN melalui email dan SMS

 

Setelah kalian melengkapi dokumen di atas dan sudah mengkonfirmasi pin dari BPJS ketenagakerjaan kalian melalui email serta SMS maka langkah berikutnya adalah kalian bisa masuk lagi pada halaman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id lalu kemudian masukkan alamat email serta kata sandi yang sudah kalian buat ketika mendaftarkan akun tadi, jika sudah maka kalian akan berhasil login dan bisa mulai memilih layanan apa yang ingin kalian pakai di BPJS ketenagakerjaan.

 

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan terdekat 2022

Untuk mencairkan BPJS ketenagakerjaan tentunya sekarang sudah bisa dilakukan secara online, akan tetapi meskipun begitu ada sebagian masyarakat yang masih lebih nyaman untuk melakukan pencairan di kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat dari rumah mereka.

 

Bagi kalian yang ingin mengetahui lokasi dari kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat kalian bisa mencari kantor terdekatnya melalui website resmi BPJS ketenagakerjaan, Adapun untuk caranya adalah sebagai berikut.

 

Pertama, cara mencari kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat bisa dilakukan melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Berikut langkah-langkahnya: 

 

Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan go id

Untuk melakukan berbagai kegiatan seperti mencari BPJS ketenagakerjaan terdekat dan juga mengakses beberapa fitur dari BPJS ketenagakerjaan tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu website resmi dari BPJS ketenagakerjaan, Adapun untuk website resminya kalian bisa mengunjungi BPJS ketenagakerjaan go id pada link berikut: www.bpjsketenagakerjaan.go.id

 

Apa itu BPJS Ketenagakerjaan SIPP?

Dalam BPJS ketenagakerjaan juga ada sebuah kanal pelaporan data perusahaan yang disebut BPJS ketenagakerjaan SIPP, Adapun fungsinya sendiri adalah untuk laporan peserta online yang dikembangkan sebagai alat bantu perusahaan melakukan pengelolaan data peserta BPJS.

 

Adapun untuk data yang diolah yaitu meliputi data perusahaan, data tenaga kerja, data upah dan penghitungan iuran. Dengan menggunakan kanal pelaporan data ini perusahaan akan terhindar dari kesulitan pengelolaan administrasi peserta BPJS ketenagakerjaan.

 

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai mengenal apa itu BPJS ketenagakerjaan lengkap dan terbaru 2022, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang belum mengetahui apa itu BPJS ketenagakerjaan.

 

Bagi kalian yang ingin melamar pada lowongan pekerjaan ada baiknya harus membuat BPJS ketenagakerjaan dari sekarang, agar nantinya kalian bisa mendapatkan banyak keuntungan ketika sudah menjadi karyawan.


Jika kalian ingin mengetahui berbagai informasi selain BPJS ketenagakerjaan serta informasi mengenai TipsKarir lainnya bisa mengunjungi TopKarir untuk informasi lebih lengkapnya.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.