Inilah Jenis-Jenis Tabungan Yang Wajib Kamu Punya Untuk Masa Depan

Inilah Jenis-Jenis Tabungan Yang Wajib Kamu Punya Untuk Masa Depan | TopKarir.com
05 AUG 2022 16:54 PEMBEKALAN KARIR 11929 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Sejak kecil kita tentunya sudah diajarkan untuk menabung. Dengan menabung ini kita akan mendapat banyak manfaat positif yang diterima mulai dari kamu akan terbiasa untuk tidak lagi hidup boros, serta memiliki banyak simpanan uang untuk masa depan dan kebutuhan mendesak lainnya. Namun pada kenyataannya saat ini kebanyakan orang masih belum mengetahui Apa itu tabungan dan juga jenis dari tabungan itu sendiri.

 

Tabungan adalah sebuah simpanan uang yang berasal dari pendapatan yang tidak kita gunakan untuk keperluan sehari-hari maupun kepentingan lain, simpanan uang ini bisa kita gunakan dan diambil kapan saja tanpa terikat oleh perjanjian ataupun waktu. Salah satu tabungan yang paling sering digunakan oleh banyak orang saat ini adalah tabungan di bank.

 

Kamu akan mendapatkan kemudahan saat menabung di bank karena ketika kita ingin menarik tunai tabungan, kamu hanya perlu pergi ke mesin ATM untuk mengambil tabungan kamu. Bagi kamu yang ingin mengetahui jenis-jenis tabungan lainnya yang wajib Kamu punya untuk masa depan, kamu bisa menyimak pembahasannya di bawah.

 

Inilah Jenis-Jenis Tabungan Yang Wajib Kamu Punya Untuk Masa Depan

Perlu diketahui bahwa tabungan memiliki banyak sekali jenis dan juga dari setiap jenis-jenis tabungan ini memiliki fungsi yang berbeda, berikut adalah jenis-jenis tabungannya.

 

Tabungan Konvensional

Jenis tabungan yang pertama adalah tabungan konvensional, tabungan ini merupakan tabungan yang paling umum dan banyak dimiliki oleh setiap orang, biasanya ketika kamu melakukan tabungan konvensional kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti buku tabungan, kartu debit, serta mendapat layanan banking baik itu mobile banking ataupun Internet banking.

 

Saat kamu melakukan tabungan konvensional kamu akan menerima bunga yang terbilang rendah, Hal ini dikarenakan tujuan dari tabungan konvensional ini hanya untuk menyimpan uang bukan untuk pengembangan uang karena bunga yang akan kamu dapat hanya sebesar 0% sampai 2% saja.

 

Tabungan Berjangka

Berikutnya adalah tabungan berjangka beda halnya dengan tabungan konvensional, tabungan berjangka sangat cocok bagi kamu yang memiliki tujuan untuk menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu. Saat kamu menabung pada jenis tabungan berjangka ini kamu akan mendapatkan bunga yang relatif cukup tinggi yaitu sebesar 3% sampai 7% setiap tahunnya.

 

Hanya saja untuk kekurangan dari jenis tabungan berjangka ini adalah kamu hanya bisa mengambil tabungan sesuai dengan waktu yang sudah disepakati saja. Dan jika kamu melanggar kesepakatan tersebut maka kamu akan mendapatkan denda ataupun penalti.

 

Tabungan Mata Uang Asing

Tabungan berikutnya adalah jenis tabungan mata uang asing, tabungan jenis ini juga sering disebut sebagai tabungan valas atau valuta asing, biasanya tabungan ini sering ditemui pada perbankan. Untuk mata uangnya sendiri yang sering dijadikan tabungan mata uang asing adalah mata uang dolar, euro, poundsterling dan beberapa mata uang asing lainnya. Bagi kamu yang hanya memiliki mata uang rupiah dan ingin melakukan tabungan pada jenis tabungan mata uang asing ini kamu bisa menukarkan uang rupiah yang kamu miliki ke dalam mata uang asing.

 

Pada saat setoran awal dari tabungan ini cukup beragam, dan untuk keuntungannya sendiri saat kamu menabung pada jenis tabungan mata uang asing ini tentunya akan memberikan keuntungan yang lebih besar karena nilai dari konversi mata uang asing lebih tinggi jika dibandingkan dengan rupiah.

 

Tabungan Anak

Jenis tabungan berikutnya yang wajib Kamu punya untuk masa depan adalah tabungan anak, tabungan ini cocok bagi kamu para orang tua yang ingin mengajarkan anak-anak untuk menabung sejak dini. Kamu akan mendapatkan fasilitas yang tidak jauh beda dengan tabungan konvensional di sini kamu akan mendapatkan buku tabungan dan juga kartu debit.

 

Namun yang membedakan tabungan anak dengan tabungan konvensional adalah pada tabungan anak kamu tidak akan mendapatkan fasilitas banking seperti mobile banking ataupun Internet banking, untuk setoran pertama tabungan ini bisa dibuat mulai dari Rp.5.000 sampai Rp.20.000 tentunya hal ini sangat cocok anak.

 

Tabungan Giro

Tabungan berikutnya adalah tabungan giro, jenis tabungan ini seringkali disebut juga sebagai tabungan bisnis karena memang fasilitas yang akan kita dapatkan saat melakukan tabungan pada jenis tabungan giro adalah untuk kebutuhan bisnis seperti transfer ke beberapa rekening dan juga kita bisa melakukan transaksi menggunakan cek dan juga bilyet.

 

Bagi kamu yang ingin membuka tabungan giro ini bisa melakukan penyetoran awal mulai dari 2 juta hingga 3 juta rupiah.

 

Tabungan Haji

Jenis tabungan yang terakhir yang wajib Kamu punya untuk masa depan adalah tabungan haji, tabungan haji ini sering digunakan untuk mereka yang memang memiliki rencana untuk pergi berhaji dalam beberapa tahun kedepan, tabungan haji bisa dibilang tidak jauh beda dengan tabungan berjangka. Karena ketika kita sudah mencapai nominal tertentu maka dana bisa kita cairkan dan digunakan untuk biaya keberangkatan pergi berhaji.

 

Adapun untuk syarat serta dokumen yang perlu kamu siapkan biasanya akan lebih banyak dibandingkan dengan tabungan biasa seperti tabungan konvensional, Hal ini dikarenakan tabungan haji bukan merupakan sebuah tabungan yang memerlukan identitas diri serta riwayat dari kesehatan juga perlu kamu siapkan.

 

Setoran awal dari tabungan haji ini berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing bank, akan tetapi semakin besar kamu menyetorkan dana awal maka akan semakin cepat pula target nominal yang kita tujuh untuk berangkat haji terpenuhi.

 

Itulah beberapa jenis tabungan yang wajib Kamu punya untuk masa depan, selain menabung dengan menggunakan beberapa jenis tabungan di atas, kamu juga bisa menabung menggunakan instrumen investasi seperti emas atau pun juga saham. Namun bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan instrumen investasi dan juga saham tersebut minimal kamu sudah Memiliki tabungan pada jenis ini untuk masa depan kamu.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi mengenai lowongan pekerjaan serta informasi menarik lainnya mengenai tabungan, investasi, saham dan juga seputar karir, kamu bisa mengunjungi TopKarir.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.