Daftar Gaji Notaris Beserta Peran dan Tanggung Jawabnya

Daftar Gaji Notaris Beserta Peran dan Tanggung Jawabnya | TopKarir.com
20 OCT 2022 13:48 SEPUTAR KARIR 43566 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

 

Profesi notaris terbilang menjadi salah satu profesi yang cukup penting dan krusial maka tidak heran gaji notaris terbilang cukup tinggi, tugas seorang notaris adalah untuk pembuatan surat-surat contohnya seperti membuat surat wasiat hingga surat perjanjian kerjasama. 

 

Untuk menjadi seorang notaris sendiri tentunya proses yang akan kamu jalani cukup panjang, karena kamu harus menempuh pendidikan hukum kemudian setelah lulus harus mengambil program magister kenotariatan dan mendapatkan gelar M.Kn. tidak hanya itu kamu juga harus menempuh ujian hingga mengikuti magang 2 tahun berturut-turut di kantor notaris.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Apa itu notaris mulai dari peran dan tanggung jawab hingga daftar gaji notaris yang akan didapat setiap bulannya, kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya di bawah.

 

Apa Itu Notaris?

Notaris adalah pejabat umum yang memiliki wewenang untuk membuat akta autentik, Adapun untuk syarat menjadi seorang notaris setidaknya kamu harus berusia 27 tahun serta memiliki ijazah sarjana hukum dan sudah lulus program magister kenotariatan. Setelah menempuh pendidikan untuk menjadi seorang notaris juga kamu harus mulai magang di kantor notaris lama 2 tahun minimal, Lalu setelah itu kamu wajib mendapatkan sertifikasi profesi notaris yang akan diberikan oleh kementerian hukum dan HAM.

 

Notaris sendiri adalah satu-satunya jabatan di luar lembaga negara yang dibolehkan untuk memakai lambang Garuda pada setiap produk hukum yang digunakan oleh mereka, maka tidak heran saat ini banyak orang yang masih awam dan mengira kalau notaris itu sama dengan PPAT.

 

Meskipun notaris bekerja di kantor milik sendiri akan tetapi seorang notaris tidak boleh seenaknya untuk bepergian ke mana-mana dan meninggalkan kantornya selama 7 hari berturut-turut tanpa alasan, karena menurut UU No. 2 tahun 2014 notaris yang diangkat sebagai pejabat negara wajib untuk mengambil cuti jika notaris tersebut akan bepergian.

 

Peran dan Tanggung Jawab Notaris

Menjadi seorang notaris tentunya kita akan mendapatkan peran serta tanggung jawab yang harus dilakukan, Adapun untuk peran dan tanggung jawabnya yaitu sebagai berikut.

 

  • Yang pertama adalah membuat akta autentik yang isinya mengenai semua perbuatan, perjanjian, hingga penetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan.
  • Tanggung jawab berikutnya adalah menjamin kepastian tanggal pembuatan akta, menyimpan akte, memberikan grosse, salinan hingga kutipan akta.
  • Melakukan pengesahan tanda tangan dan penetapan kepastian tanggal surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus.
  • Melakukan pembukuan surat-surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus.
  • Membuat salinan dari surat asli berupa salinan yang memuat uraian sebagaimana ditulis dan digambarkan dalam surat asli.
  • Melakukan pengesahan kecocokan salinan surat dengan surat aslinya atau legalisir.
  • Memberikan penyuluhan mengenai hukum sehubungan dengan Bagaimana cara pembuatan akta.
  • Membuat akta risalah lelang.
  • Dan yang terakhir adalah membuat akte yang berhubungan dengan pertahanan.

Daftar Gaji Notaris

Dengan mengemban peran dan tanggung jawab yang cukup banyak seperti yang sudah disebutkan pada poin di atas maka tidak heran gaji dari seorang notaris cukup tinggi, bagi kamu yang ingin mengetahui berapa gaji notaris kamu bisa menyimaknya berikut ini.

 

Dikutip dari quipper.com, profesi sebagai notaris merupakan salah satu peluang profesi yang akan mendapatkan gaji tinggi apalagi jika memiliki klien perseorangan atau perusahaan, contohnya kita asumsikan jika seorang notaris memiliki klien pembuatan akta perusahaan dengan biaya Rp. 5 juta maka jika notaris memiliki 10 klien tentunya dalam satu bulan notaris akan mendapatkan gaji sebesar Rp. 50 juta perbulan.

 

Gaji notaris per bulan memang cukup bervariasi tergantung dari client yang mengurus akte atau sertifikat, dan misalnya jika ada perseorangan yang mengurus sertifikat hak milik dengan nilai objek Rp. 1 miliar, maka kamu sebagai seorang notaris akan mendapatkan satu persen dari nilai objek tersebut yaitu Rp. 10 juta.

 

Karena seorang notaris bekerja di kantor sendiri tentunya notaris juga memiliki beberapa karyawan contohnya seperti staff administrasi notaris yang bekerja di kantor, dan bertugas untuk membantu proses administrasi seorang notaris dalam mengurus berbagai tugasnya. Untuk gaji yang akan didapatkan oleh seorang staf notaris perbulannya akan mendapat gaji sebesar Rp. 4.500.000 hingga Rp. 6.000.000 Juta perbulan.

 

Itu tadi pembahasan mengenai daftar gaji notaris beserta peran dan tanggung jawabnya, jika kamu yang ingin menjadi seorang notaris kamu harus mempelajari mengenai ilmu hukum serta kuliah jurusan hukum pada jenjang S1 dan melanjutkan magister pada magister kenotariatan. 

 

Bagi kamu yang belum memiliki pekerjaan dan ingin bekerja di kantor notaris, kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan staff notaris yang bisa kamu dapatkan melalui TopKarir, dapatkan juga informasi mengenai tips karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.