Cara Membuat CV yang Bikin HRD Jatuh Hati

Cara Membuat CV yang Bikin HRD Jatuh Hati | TopKarir.com
30 JUN 2021 02:27 LULUSAN BARU 21744 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 59 KALI DIBAGIKAN

Sudah banyak ngirim lamaran kerja, tapi belum ada panggilan interview juga, kira-kira apa ya yang bikin nggak diterima? Kandidat pelamar di suatu perusahaan mungkin jauh lebih banyak dibanding yang kamu kira.

 

Banyak fresh graduate yang belum mengerti kalau CV punya peran penting untuk membangun impresi awal yang baik di mata perusahaan. CV yang informatif, jelas, padat dan kreatif punya peluang besar diterima perusahaan. Lalu gimana ya cara buat CV yang mampu mencuri hati HRD? Berikut ulasannya.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Tegal? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

1. Deskripsikan diri kamu secara singkat dan padat

CV dengan deskripsi yang panjang saat ini udah nggak lagi dilirik perusahaan. HRD hanya butuh waktu kurang dari 10 detik untuk membaca CV kamu, jadi deskripsikan diri kamu secara singkat, jelas dan padat ya.

 

Ceritakan siapa dirimu, pendidikan terakhir, kelebihan dan ketertarikanmu pada perusahaan dalam satu paragraf menarik dan informatif.

 

2. Desain CV yang simple tapi tetap menarik

Para pencari kerja sekarang ini punya kreativitas tinggi dalam mengemas CV dengan desain yang unik dan punya magnet yang lebih kuat untuk menarik perhatian HRD.

 

Apalagi buat kamu yang mengajukan lamaran untuk posisi seperti desainer grafis, UI/UX, fotografer, atau content writer, tentu desain CV yang sederhana namun memiliki nilai estetika bisa jadi pertimbangan kamu diterima.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Subang? Temukan selengkapnya di sini.

 

3. Tambahkan soft skill yang kamu punya

Umumnya hard skill adalah kemampuan yang wajib dimiliki pelamar kerja untuk menempati sebuah posisi, biasanya sudah tertera di kolom kualifikasi iklan lowongan kerja.

 

Sedangkan soft skill berhubungan dengan kepribadian seperti keterampilan leadership, kecerdasan emosi, berpikir kritis atau keterampilan berkomunikasi.

 

Beberapa soft skill yang kamu punya dan cantumkan dalam CV bisa jadi peluang kamu diterima di perusahaan yang kamu inginkan.

 

4. Masukkan kontak referensi

Psikotes dan interview yang dilakukan HRD kadang belum memberikan gambaran yang lengkap tentang siapa dan bagaimana diri kamu. Jadi HRD harus melakukan reference check dengan tujuan memastikan kandidat yang dipilih sesuai kebutuhan perusahaan.

 

Terus siapa aja sih yang bisa dicantumkan dalam kontak referensi? Jawabannya bisa atasan di tempat kerja terakhir , klien yang pernah bekerjasama, atau dosen saat kamu kuliah.

 

Gunanya kontak referensi adalah untuk memberikan informasi terkait kompetensi yang kamu miliki dari orang ketiga. Tapi sebelum mencantumkan kontak referensi, kamu harus meminta persetujuan pihak terkait dulu ya.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Malang? Temukan selengkapnya di sini.

 

5. “Jual diri”dengan prestasi dan pengalaman organisasi

Kalau kamu punya banyak prestasi dan pengalaman organisasi sebaiknya kamu pilih lagi, prestasi mana yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Nggak semua harus kamu cantumkan dalam CV, pilih yang paling relevan.

 

Mencantumkan keikutsertaan kamu dalam organisasi atau proyek komunitas juga bisa dinilai HRD sebagai bentuk softskill kamu lho. Pengalaman kerjasama tim dan komunikasi saat berorganisasi bisa kamu ceritakan ketika proses interview nanti.

 

Itu tadi 5 cara ampuh membuat CV yang menarik HRD. Selamat mencoba dan good luck Sahabat TopKarir! Yuk temukan informasi dan tips-tips karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store ya!


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.