Apa Itu Venture Capital? Berikut Pengertian, Mekanisme, Proses dan Jenisnya

Apa Itu Venture Capital? Berikut Pengertian, Mekanisme, Proses dan Jenisnya | TopKarir.com
16 SEP 2022 17:07 SEPUTAR KARIR 514 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Mendapatkan suntikan dana dari venture capital menjadi salah satu hal yang diharapkan oleh mereka yang berkecimpung di dunia startup, Hal ini dikarenakan dengan modal yang diberikan tersebut tentu saja perusahaan startup yang dirintis bisa berkembang dan dapat bersaing dengan startup serta bisnis lain.

 

Namun sebelum itu Apakah kamu sudah mengetahui Apa itu venture capital? Bagi kamu yang belum mengetahuinya kamu bisa menyimak pengertian lebih lengkapnya di bawah ini.

 

Pengertian Venture Capital

venture capital artinya adalah bentuk private quality dan salah satu jenis pembiayaan yang diberikan oleh pemodal kepada perusahaan rintisan yang diyakini memiliki potensi pertumbuhan yang baik dalam jangka panjang, venture capital adalah salah satu jenis investasi jangka panjang dalam bentuk pemberian modal yang mengandung resiko di mana si penyedia dana mengharapkan adanya capital gain.

 

Venture capital ini merupakan bisnis pembiayaan yang memungkinkan pembentukan serta pengembangan usaha-usaha baru di bidang teknologi dan juga non teknologi, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 61 tahun 1988 mengenai lembaga pembiayaan, perusahaan dengan modal ventura atau Venture capital Company adalah sebuah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam sebuah perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu.

 

Modal ini biasanya berasal dari seorang investor kaya ataupun juga lembaga keuangan lainnya, dan hal tersebut tidak selalu dalam bentuk moneter tapi juga bisa diberikan dalam bentuk keahlian teknis maupun manajerial, perlu diketahui dalam kesepakatan Pantura capital sebagian besar kepemilikan perusahaan dibuat dan juga dijual kepada beberapa investor melalui kemitraan terbatas independen yang didirikan oleh perusahaan modal ventura.

 

Adapun untuk perbedaan dari modal ventura dengan kesepakatan ekuitas swasta lainnya adalah terdapat pada modal ventura yang cenderung fokus pada perusahaan baru yang sedang mencari dana besar, sedangkan untuk ekuitas swasta cenderung akan mendanai perusahaan yang lebih besar dan mapan.

 

Mekanisme Venture Capital

Dalam mekanisme modal ventura ini setidaknya ada tiga unsur yang terlibat secara langsung yaitu antara lain:

 

  • Pemilik modal yang mengharapkan keuntungan tinggi dari modal yang dimiliki, modal ini dari berbagai sumber atau investor yang dihimpun dalam satu wadah atau lembaga khusus yang dibentuk dan disebut sebagai venture capital funds.
  • Profesional yang mempunyai keahlian dalam mengelola investasi serta mencari jenis investasi potensial, profesional ini bisa berupa lembaga yang disebut dengan perusahaan manajemen atau manajemen venture capital funds company.
  • Perusahaan yang sedang membutuhkan modal untuk melakukan pengembangan usaha dan perusahaan yang dibiayai tersebut disebut investee company.

Proses Venture Capital

Adapun untuk mendapatkan venture capital ini startup harus melakukan beberapa langkah yaitu yang pertama adalah mengajukan rencana bisnis baik itu ke firma modal ventura atau ke angel investor, apabila proposal yang telah diajukan sukses untuk menarik minat investor maka perusahaan atau investor akan melakukan uji tuntas yang mencakup penyelidikan menyeluruh seperti model bisnis perusahaan serta mengetahui produk yang diciptakan.

 

Jenis Venture Capital

Venture capital memiliki beberapa jenis pendanaan dengan masing-masing memiliki berbagai spesifikasi yang berbeda, Adapun untuk beberapa jenis Ventura capital kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya sebagai berikut.

 

Seed Capital

Yang pertama adalah seed Capital, jenis ini merupakan jenis pendanaan tahap awal yang biasanya dicari oleh sebuah startup yang belum memiliki produk ataupun belum terorganisir dengan baik, karena startup ini masih dalam tahap awal maka Venture capital biasanya hanya akan memberikan dana yang kecil dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti contohnya membuat produk sampel.

 

Startup Capital

Jenis venture capital berikutnya adalah startup capital, jenis ini merupakan pendanaan bagi startup yang sudah mempunyai produk sendiri maka suntikan dana biasanya akan diberikan kepada startup untuk melakukan proses perekrutan tim, riset pasar dan juga menyelesaikan produk atau layanan dari startup tersebut.

 

Early Stage Capital

Venture capital jenis berikutnya adalah early stage capital, pada tahap ini startup harusnya sudah memiliki struktur organisasi yang lengkap dan juga sudah berkembang dengan statistik penjualan yang baik dalam kurun waktu 2 sampai 3 tahun ke depan, pendanaan yang akan diberikan oleh venture capital biasanya akan dimanfaatkan oleh startup untuk bisa meningkatkan produktivitas.

 

Expansion Capital

Jenis berikutnya adalah expansion capital, jenis ini merupakan pendanaan yang diberikan kepada startup yang sudah mapan serta siap melakukan proses ekspansi.

 

Late Stage Capital

Jenis yang terakhir adalah late stage capital, jenis ini adalah pendanaan untuk startup yang sudah menunjukkan pencapaian yang mengesankan serta dana yang akan diberikan pada umumnya akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas dan juga menambah modal perusahaan.

 

Itu tadi pembahasan mengenai venture capital, bagi kamu yang saat ini sedang mencari pendanaan venture capital kamu bisa mengembangkan terus startup yang dibangun agar nantinya kamu bisa mendapatkan pendanaan jenis late stage capital  yang akan membantu kamu dalam meningkatkan kapasitas dan penambahan modal startup.

 

Bagi kamu yang sedang mencari lowongan pekerjaan kamu bisa mengunjungi TopKarir, karena di sini ada banyak sekali lowongan pekerjaan bagi kamu yang ingin bekerja di startup ataupun perusahaan swasta lainnya, dapatkan juga informasi menarik lainnya mengenai hari dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.