Apa Itu Financial Freedom? Berikut Pengertian, Level, dan Cara Mencapainya

Apa Itu Financial Freedom? Berikut Pengertian, Level, dan Cara Mencapainya  | TopKarir.com
24 OCT 2022 09:27 SEPUTAR KARIR 8145 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

 

Untuk bisa mencapai financial freedom  tentu bukanlah hal yang mudah, meskipun kita bekerja setiap hari akan tetapi untuk mencapai financial freedom ini kita bisa tidak bisa mencapainya secara instan, karena dalam financial freedom ada beberapa level financial yang harus kita lewati terlebih dahulu.

 

Bagi kamu yang ingin mencapai financial freedom ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu arti financial freedom serta apa saja level financial freedom dan bagaimana cara mencapainya pada pembahasan kali ini.

 

Penasaran? Mari simak pembahasan lebih lengkapnya di bawah.

 

Apa Itu Financial Freedom?

Source : bisniz.id

 

financial freedom artinya sebuah kondisi di mana seseorang memiliki cukup simpanan uang, terbebas dari hutang, memiliki investasi, serta memiliki uang yang cukup untuk mencukupi gaya hidup yang diinginkan sampai jangka waktu yang relatif lama.

 

Saat kamu sudah mencapai financial freedom maka tidak ada lagi kekhawatiran akan kekurangan uang saat membeli barang-barang ataupun kebutuhan yang diinginkan, Tentunya financial freedom merupakan impian bagi setiap orang.

 

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika sudah mencapai financial freedom, Adapun untuk manfaatnya yaitu sebagai berikut.

 

 

  • Memiliki Stabilitas Finansial, kamu bisa mengalokasikan anggaran keuangan yang kamu miliki secara efektif dan efisien.
  • Tidak Cemas Memikirkan Finansial, saat kamu sudah mencapai finansialku dan maka tidak ada lagi rasa cemas akan kondisi finansial atau keuangan karena semua kebutuhan sehari-hari terpenuhi dengan baik, dan segala keinginan pun bisa kamu beli.
  • Independen Dalam Hal Keuangan, saat kamu sudah mencapai kebebasan finansial tentunya kamu bisa mencukupi kebutuhan pribadi tanpa memerlukan bantuan orang lain.

 

7 Level Financial Freedom

Dalam buku yang ditulis oleh Grant Sabatier setidaknya dalam financial freedom ada 7 tahapan atau level kebebasan finansial, Adapun Untuk levelnya yaitu sebagai berikut.

Source : lh5.googleusercontent.com

 

Level 1 Clarity

Level pertama yaitu Clarity, level ini memungkinkan kamu untuk memeriksa situasi keuangan terlebih dahulu mulai dari berapa banyak uang yang dimiliki, hingga menghitung berapa banyak hutang, Kemudian setelah itu kamu bisa menentukan tujuan Apa yang ingin kamu capai.

 

Level 2 Self-sufficiency

Selanjutnya adalah level 2 Self-sufficiency, pada level ini jika kamu ingin mandiri secara finansial maka kamu harus mempunyai penghasilan yang cukup untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari tanpa bantuan orang lain seperti contohnya bantuan dari orang tua.

 

Kondisi finansial level kedua ini ibaratkan kamu hidup dari gaji ke gaji ataupun mengambil pinjaman untuk bisa bertahan hidup.

 

Level 3 Breathing room

Berikutnya adalah level 3 Breathing room, orang-orang yang berada pada level ini masih memiliki sisa uang setelah membayarkan biaya hidup, dan sisa uang tersebut bisa digunakan untuk mencapai tujuan finansial lain contohnya seperti menabung dana darurat atau berinvestasi untuk pensiun.

 

Ketika kamu berada pada level ini nantinya kamu memiliki kelonggaran finansial, akan tetapi bukan karena kita menghasilkan banyak uang kita perlu Terlalu berhemat pada uang tersebut.

 

Level 4 Stability

Level selanjutnya adalah level 4 Stability, saat kamu berada pada level 4 ini kamu sudah tidak memiliki hutang baik itu hutang kartu kredit ataupun yang lainnya. Serta pada level ini kamu sudah memiliki dana darurat yang nilainya setara dengan biaya hidup kamu selama 6 bulan.

 

Saat kamu sudah memiliki dana darurat tersebut kamu sudah punya pengaman apabila keadaan tidak terduga, contohnya seperti mengalami pemutusan hubungan kerja ataupun menghadapi resesi.

 

Level 5 Flexibility

Level berikutnya adalah level 5 Flexibility, saat kamu berada pada level 5 kamu sudah memiliki dana darurat yang cukup untuk setidaknya membayar biaya hidup kamu selama 2 tahun ke depan.

 

Dengan memiliki tabungan atau dana darurat sebanyak itu tentunya kamu tidak perlu lagi menyimpan semuanya dalam bentuk tunai, kamu bisa menabungkan uang tersebut ke bank untuk bisa digunakan secara fleksibel untuk kebutuhan kamu.

 

Level 6 Financial Independence

Selanjutnya adalah level 6 Financial Independence, saat kamu berada pada level 6 maka kamu telah mencapai kemandirian finansial dalam hidup hanya dari pendapatan yang sudah kamu peroleh dari hasil investasi, jenis investasi tersebut bisa berbagai macam baik itu berupa hasil sewa properti ataupun dari portofolio investasi yang menghasilkan bunga.

 

Agar bisa mencapai level ini kamu harus menginvestasikan pendapatan dalam presentasi yang tinggi Hal ini agar dalam mengejar kemandirian finansial kamu akan semakin cepat, oleh karena itu setiap kali kamu mendapatkan gaji usahakan ada sebagian uang yang kamu tabungkan atau investasikan agar Suatu saat kamu bisa mencapai finansial level 6. 

 

Level 7 Abundant Wealth

Level financial freedom yang terakhir adalah level 7 Abundant Wealth, saat kamu berada pada level 7 maka kamu sudah tidak memiliki kekhawatiran tentang finansial karena kekayaan kamu sudah melimpah.

 

Dalam level 7 ini kamu akan punya uang yang jumlahnya lebih banyak daripada yang dibutuhkan, jadi ketika seseorang mencapai level tersebut maka orang tersebut tidak perlu khawatir lagi mengenai uang.

 

Lalu bagaimana untuk mencapai level finansial ini? Untuk caranya kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya di bawah.

 

Cara Mencapai Financial Freedom 

Untuk bisa mencapai financial freedom tentunya kita harus menyiapkan beberapa strategi dan cara agar dalam mencapai level pada financial freedom tersebut kita bisa lebih cepat, bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana  cara mencapai financial freedom berikut adalah caranya.

 

Tentukan Tujuan Keuangan

Cara yang pertama untuk bisa mencapai financial freedom adalah menentukan tujuan keuangan, untung bisa mencapai financial freedom tentunya akan sulit jika kamu melupakan hal yang paling dasar yaitu menentukan tujuan utama keuangan.

 

Tujuan keuangan bisa mencakup rencana jangka pendek contohnya seperti membeli kendaraan baru, dan untuk tujuan jangka panjang adalah menyiapkan dana kesehatan atau dana pensiun serta dana untuk membeli tempat tinggal.

 

Namun sebelum menentukan tujuan keuangan kamu harus memiliki tekad dan konsisten untuk bisa lebih berhemat agar tujuan keuangan kamu bisa tercapai lebih singkat.

 

Diketahui Kondisi Keuangan

Cara selanjutnya adalah mengetahui terlebih dahulu kondisi keuangan, seperti yang kita ketahui bahwa financial freedom bukan menggambarkan seberapa besar pendapatan kamu akan tetapi financial freedom merupakan sebuah kondisi keuangan yang mana Apakah uang kamu bisa memenuhi kebutuhan dasar setiap harinya atau tidak.

 

Berangkat dari hal tersebut dengan memahami Bagaimana kondisi keuangan kamu saat ini akan berguna untuk bisa mempelajari sektor mana yang bisa menjadi pendapatan kamu selanjutnya, dan juga kamu harus menghitung Apakah kamu memiliki hutang yang harus dibayar atau tidak agar bisa mengecek kembali kondisi keuangan.

 

Catat Segala Bentuk Pengeluaran

Cara mencapai financial freedom berikutnya adalah dengan mencatat segala bentuk pengeluaran, setiap kali kamu melakukan pengeluaran uang sebisa mungkin untuk bisa mencatatnya setiap bulan hal ini merupakan salah satu cara agar kita bisa mengevaluasi dana yang keluar setiap bulannya Apakah memang wajar ataupun kita terlalu boros dalam hal pengeluaran.

 

Dengan mencatat segala bentuk pengeluaran tentunya kita bisa mengevaluasi setiap bulannya pengeluaran kita baik itu untuk kebutuhan sehari-hari ataupun hal lain.

 

Siapkan Dana Darurat

Dalam menjalani kehidupan tentunya kita terkadang tidak mengetahui apakah suatu saat kita akan ada masalah atau tidak oleh karena itu untuk bisa mencapai financial freedom dan kita harus menyiapkan dana darurat dari sekarang.

 

Dana darurat ini biasanya akan kita gunakan sebagai dana yang memang diperuntukkan ketika ada sesuatu hal yang memang menjadi masalah dan menimpa kita, contohnya ketika mengalami kecelakaan ataupun jatuh sakit.

 

Cari Pendapatan Lain

Agar bisa dengan manfaat mencapai financial freedom maka cara berikutnya adalah kamu bisa mencari pendapatan lain di samping gaji pokok Kamu setiap bulannya, ada berbagai cara untuk bisa mendapatkan pendapatan lain ini contohnya melakukan kerja freelance ataupun berinvestasi.

 

Kamu bisa menyisihkan gaji Kamu setiap bulannya untuk mendapatkan penghasilan lain dengan cara membuka usaha ataupun menjual produk tertentu pada marketplace.

 

Melunasi Hutang

Mencapai financial freedom dan tentunya merupakan sebuah kondisi di mana kita sudah tidak memiliki hutang lagi kepada siapapun, oleh karena itu jika kamu ingin mencapai financial freedom kamu bisa mulai mencicil melunasi hutang yang kamu miliki dari sekarang.

 

Melunasi hutang merupakan salah satu hal yang sangat penting agar kamu bisa mencapai financial freedom.

 

Melakukan Investasi

Cara mencapai financial freedom yang terakhir adalah dengan cara melakukan investasi, kamu bisa melakukan investasi setiap bulannya dengan cara menyisihkan gaji yang kamu dapatkan baik itu 10% dari gaji kamu ataupun 15%.

 

Saat kamu konsisten dalam melakukan investasi maka tentunya Suatu saat kamu bisa mencapai level 6 pada financial freedom dan mendapatkan penghasilan dari hasil investasi yang sudah kamu bangun tersebut.

 

Penutup 

Itu tadi pembahasan mengenai financial freedom mulai dari pengertian, level hingga cara mencapainya. Meskipun untuk mencapai financial freedom dan bukanlah hal yang mudah akan tetapi jika kamu bisa menerapkan poin yang sudah dibahas di atas, maka kesempatan untuk mencapai financial freedom akan terbuka lebar.

 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap melalui TopKarir, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar mengembangkan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.