8 Rekomendasi Tools Freelance Desain Grafis Terbaik

8 Rekomendasi Tools Freelance Desain Grafis Terbaik | TopKarir.com
24 NOV 2022 15:48 SEPUTAR KARIR 720 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Freelance desain grafis saat ini menjadi salah satu profesi yang banyak dicari, apalagi di era digital seperti sekarang desain grafis dibutuhkan dalam setiap sektor pekerjaan, desain grafis berguna untuk memasarkan sebuah produk hingga mengenalkan brand dari perusahaan para masyarakat dengan cara menyajikan visual berupa desain.

 

Untuk menjadi seorang freelance desain grafis kamu harus bisa setidaknya menguasai satu tools desain, dan lebih baik jika kamu menguasai beberapa tools untuk keperluan pembuatan desain grafis.

 

Bagi kamu yang ingin mempelajari tools desain, kamu bisa mencoba mempelajari dan menguasai beberapa tools freelance desain grafis yang akan kami berikan pada pembahasan kali ini, untuk mengetahuinya kamu bisa menyimak pembahasannya hingga akhir.

 

8 Rekomendasi Tools Freelance Desain Grafis Terbaik

Untuk membuat sebuah konten di sosial media atau untuk keperluan lain tentunya freelance desain grafis membutuhkan tools untuk membuatnya, berikut adalah rekomendasi tools freelance desain grafis terbaik yang bisa kamu coba.

 

Figma

 

 

Tools freelance desain grafis yang pertama adalah figma, figma merupakan salah satu tools untuk membuat desain grafis terpopuler saat ini, dalam tools ini kamu bisa membuat berbagai desain untuk keperluan bisnis kamu atau memanfaatkannya untuk membuat projects dari client.

 

Figma memiliki berbagai fitur yang tentunya akan membantumu dalam mendesain, contohnya seperti fitur Community, dalam Community figma kamu bisa mencari berbagai referensi desain hingga aset untuk desain.

 

Biasanya tools figma ini banyak digunakan oleh para desain grafis terutama bagian UI design karena dalam figma sudah menyediakan fitur Prototype dari harus desain yang sudah dibuat, fitur Prototype ini akan memudahkan desainer untuk melakukan pengujian pada user.

 

Kamu bisa menggunakan tools figma ini secara gratis dan berbayar pada laptop kamu baik itu menggunakan browser atau mendownload aplikasinya langsung. Fakta menarik mengenai figma saat ini sudah diakuisisi oleh pihak Adobe jadi tidak menutup kemungkinan kedepannya akan ada berbagai fitur tambahan lain yang akan memudahkan desainer dalam membuat desain grafis.

 

Adobe Photoshop

 

 

Tools freelance desain grafis berikutnya adalah Adobe Photoshop, tidak dapat dipungkiri tools ini merupakan tools yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, selain memiliki fitur yang lengkap Adobe Photoshop juga memberikan kemudahan dalam membuat desain.

 

Selain digunakan untuk membuat desain grafis Photoshop juga bisa melakukan berbagai hal lain seperti merupakan komposisi foto, menggabungkan seni digital, memperbaiki objek hingga mengganti background.

 

Kamu bisa menggunakan tools Photoshop ini pada laptop windows atau Mac OS, adapun untuk menggunakan Photoshop kamu harus membayar sekitar Rp 187.000 hingga Rp 996.000 untuk satu lisensinya.

 

Adobe Illustrator

 

 

Berikutnya adalah tools Adobe illustrator, masih dari keluarga Adobe tools ini banyak juga digunakan untuk membuat desain grafis. Adobe illustrator ini merupakan sebuah tools yang berfokus dalam pembuatan desain vektor contohnya seperti membuat Logo, mockup website, tipografi, ilustrasi, hingga membuat sebuah poster.

 

Tools ini sangat disarankan bagi kamu para freelance desain grafis karena hasil dari Adobe illustrator tidak akan pecah karena berbasis vektor, kamu bisa berlatih menguasai tools Adobe illustrator ini dengan mudah karena saat ini sudah banyak template AI untuk digunakan latihan.

 

Kamu bisa menginstal tools ini pada laptop windows, Mac OS atau menggunakan iPad, dan sama seperti Adobe Photoshop tools Adobe illustrator juga akan memberikan biaya langganan per bulannya yaitu sekitar Rp 395.000 perbulan.

 

Adobe InDesign

 

 

Masih dari keluarga Adobe, tools freelance desain grafis berikutnya adalah Adobe InDesign. Tools ini banyak digunakan para desainer grafis untuk membuat desain tata letak atau layout dari sebuah media cetak atau majalah.

 

Dengan menguasai tools Adobe InDesign kamu bisa membuat jasa desain grafis dalam bidang pembuatan desain buku, Majalah, E-book, poster, hingga design PDF interaktif dan lainnya.

 

Hasil desain menggunakan tools Adobe InDesign bisa di import menjadi beberapa format seperti, pdf, jpg, png, psd, hingga dokumen.

 

Untuk menggunakannya tools ini kamu bisa menginstalnya pada laptop kamu, dan untuk biaya langganan nya yaitu sebesar Rp. 395.000 per bulan, namun jika kamu masih tahap belajar maka menggunakan free trial terlebih dahulu merupakan pilihan yang tepat untukmu. Baru setelah mahir menggunakan nya kamu bisa melanjutkan nya dengan membayar biaya berlangganan.

 

CorelDRAW

 

 

Tools berikutnya adalah CorelDRAW, sama halnya dengan Adobe illustrator. Corel Draw juga merupakan tools desain grafis berbasis vektor jadi saat Cocok digunakan oleh freelance desain grafis untuk membuat sebagian logo, atau desain lain karena resolusinya saat baik dan tidak akan pernah jika di zoom.

 

Dalam mendesain menggunakan tools ini kamu bisa melakukan export atau import desain menggunakan beberapa format seperti, AI, PSD, JPG, PDF, SVG dan berbagai format lainnya.

 

Corel Draw memiliki free trial yang bisa kamu gunakan yaitu selama 15 pemakaian, lalu setelahnya kamu bisa membayar biaya berlangganan per tahunnya sebesar US$399 atau sekitar Rp 5.700.000. meskipun cukup mahal namun tidak mengurangi orang yang memakai tools ini karena memiliki berbagai fitur yang kaya dan dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah.

 

Affinity Designer

 

 

Tools freelance desain grafis terbaik berikutnya adalah Affinity Designer, tools ini digadang-gadang menjadi salah satu alternatif dari tools Adobe illustrator yang mana affinity Designer juga bisa membuat berbagai desain seperti desain logo, icon, UI, mockup dan berbagai desain lainnya.

 

Kelebihan yang dimiliki tools affinity Designer ini adalah kamu bisa menggunakan tools berbagai bitmap ke vektor dan sebaliknya. Jika kamu sering menggunakan tools Adobe Photoshop dan ilustrasi maka dengan affinity Designer kamu berasa menggunakan kedua tools tersebut.

 

Kamu bisa menggunakan tools ini pada laptop windows, Mac atau juga bisa pada iPad, adapun untuk biaya dari tools ini yaitu sebesar $54.99 atau sekitar Rp 787.000 untuk Windows dan Mac OS sedangkan untuk iPad biayanya sebesar $21.99 atau Rp 314.000.

 

Canva

 

 

Tools freelance desain grafis terbaik berikutnya adalah Canva, saat ini siapa yang tidak tahu tools desain yang satu ini. Selain mudah digunakan bahkan bisa di handphone. Tools ini juga memberikan berbagai kemudahan dalam proses pembuatan desain, contohnya seperti menyediakan berbagai aset dan editornya pun mudah dipahami bahkan bagi pemula sekalipun.

 

Dengan menggunakan Canva kamu bisa membuat berbagai desain seperti desain Logo, PPT, CV, Banner, FEED, poster, dan berbagai postingan sosial media. Dengan membuat desain menggunakan tools Canva kamu akan lebih banyak menghemat waktu karena disini sudah disediakan berbagai referensi desain yang bisa kamu pakai di dalam desain kamu nantinya.

 

Jika kamu ingin menggunakan Tools Canva untuk freelance desain grafis kamu bisa menggunakannya langsung dari website resminya, atau juga bisa mendownloadnya pada handphone. Dalam tools ini akan ada berbagai paket harga, kamu bisa sesuaikannya dengan kebutuhan. Selain itu kamu bisa mencoba paket pro-nya selama 30 hari secara gratis.

 

Sketch

 

 

Tools freelance desain grafis terbaik yang terakhir adalah Sketch, jika kamu salah satu user Mac OS maka tools ini bisa kamu coba karena Sketch hanya bisa digunakan oleh Mac OS saja dan tidak bisa digunakan oleh sistem operasi lain seperti windows.

 

Sketch biasanya digunakan oleh para freelance desain grafis untuk membuat berbagai jenis desain contohnya seperti membuat desain untuk UI, layout website, hingga design sebuah alur aplikasi.

 

Tools sketch memiliki biaya langganan untuk dua jenis yaitu langganan per bulan sebesar $9 atau sekitar Rp 128.000. Dan yang kedua adalah langganan satu tahun dengan membayar sebesar $99 atau sekitar Rp Rp 1.400.000.

 

Penutup 

Itu tadi pembahasan mengenai 8 rekomendasi tools freelance desain grafis terbaik yang bisa kamu coba, untuk menjadi seorang freelance desain grafis yang profesional kamu bisa mengunjungi minimal satu tools yang sudah kami sebutkan di atas tadi.

 

Dengan menguasai tools freelance desain grafis tersebut kamu bisa mendapatkan bayaran yang tinggi dari hasil projects yang kamu kerjakan. Gimana tertarik untuk menjadi seorang freelance desain grafis?

 

Bagi kamu yang tertarik bisa mencari informasi mengenai lowongan kerja freelance desain grafis melalui TopKarir, selain itu kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.