5 Tips Meningkatkan Social Skill saat Kerja Dari Rumah

5 Tips Meningkatkan Social Skill saat Kerja Dari Rumah | TopKarir.com
31 AUG 2022 09:04 TINGKATKAN KARIRMU 3582 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Meskipun saat ini kamu sering bekerja dari rumah akan tetapi kamu harus bisa tetap menjaga komunikasi dan juga bersosialisasi dengan rekan kerja kamu, oleh karena itu kamu harus bisa menerapkan social skill saat kamu bekerja di rumah agar segala pekerjaan bisa berjalan baik serta hubungan kamu dengan rekan kerja bisa tetap terjaga.

 

social skill adalah suatu keterampilan yang digunakan untuk berkomunikasi serta berinteraksi dengan orang lain baik itu secara verbal maupun non verbal, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial sehingga sangat penting untuk menguasai skill ini meskipun saat ini Kamu kebanyakan bekerja dari rumah dan tidak bertatapan langsung mengadakan kerja di kantor. Bagi kamu yang ingin meningkatkan social skill saat bekerja di rumah kamu bisa menyimak beberapa tips yang akan kami bahas dibawah.

 

5 Tips Meningkatkan Social Skill saat Kerja Dari Rumah

Tingkatkan Skill Komunikasi 

contoh keterampilan sosial social skill yang harus dikuasai oleh kamu agar kamu bisa tetap berkomunikasi dan juga berhubungan baik secara verbal maupun nonverbal dengan rekan kerja adalah skill komunikasi, oleh karena itu untuk bisa meningkatkan sosial skill saat kerja di rumah adalah dengan cara kamu bisa meningkatkan terlebih dahulu skill komunikasi kamu menjadi lebih baik.

 

Skill ini tidak hanya berguna untuk pekerjaan saja akan tetapi ketika kamu sudah memiliki skill komunikasi yang baik tentu saja akan berguna untuk orang lain juga karena akan terbantu dan memahami pendapat ataupun ide yang ingin kamu sampaikan dengan mudah.

 

Kamu juga bisa menanyakan feedback dari gerakan kerja kamu dan dari sinilah kamu bisa meningkatkan social skill yang ada pada diri kamu, sehingga nantinya akan terjadi komunikasi dua arah yang bisa meningkatkan pemahaman antara satu dengan yang lainnya.

 

Melatih Rasa Empati

Tips berikutnya untuk meningkatkan social skill adalah dengan melatih rasa empati, empati adalah salah satu kemampuan untuk bisa memahami dan mencoba mengerti dari sudut pandang serta perasaan orang lain, dalam dunia kerja saat kamu memiliki rasa empati tentu saja hal ini akan penting terutama untuk meningkatkan social skill yang kamu miliki.

 

Di saat kamu sudah memiliki rasa empati pada orang lain maka hal ini akan membangun koneksi dan juga hubungan yang baik sesama rekan kerja, serta terkadang jika ada rekan kerja yang memiliki suatu permasalahan maka kamu bisa mengetahuinya dan akan terlihat jelas.

 

Tetap Up To Date Dengan Kegiatan Di Kantor

Cara yang terbaik dan juga termudah untuk bisa bersosialisasi serta menjaga hubungan baik sama rekan kerja adalah dengan cara ngobrol sesuatu mengenai kegiatan yang ada di kantor ataupun juga membicarakan mengenai berita terkini yang sedang hangat.

 

kamu bisa memulai percakapan dengan rekan kerja terkait beberapa hal yang ada di kantor contohnya seperti acara yang diselenggarakan hingga berita terbaru mengenai jobdesk yang diterima satu sama lain, namun yang perlu diingat bahwa up to date bukan berarti kamu dan rekan kerja membicarakan gosip serta hal-hal sensitif yang ada di kantor contohnya seperti obrolan mengenai politik kantor.

 

Jaga Komunikasi Dengan Rekan Kerja

Tips meningkatkan social skill saat kamu bekerja di rumah berikutnya adalah dengan cara menjaga komunikasi dengan sesama rekan kerja, kamu bisa melakukan hal-hal kecil setiap harinya contohnya seperti bisa menyapa rekan kerja melalui chat ataupun melakukan meeting singkat. Hal ini berguna untuk bisa menjaga komunikasi satu sama lain terutama bila kamu memiliki anggota tim ataupun departemen yang sama.

 

Saat melakukan komunikasi kamu bisa mengobrol dan membicarakan mengenai rencana yang akan dilakukan hari ini serta pekerjaan apa yang akan dikerjakan, namun selain itu kamu juga bisa membicarakan mengenai hal-hal kecil lainnya.

 

Melatih Active Listening

Tips meningkatkan social skill yang terakhir adalah dengan cara melatih active listening, kamu bukan hanya mendengarkan apa yang orang bicarakan tetapi kamu juga bisa memperhatikan serta terlibat langsung dengan mereka. Meskipun kamu bekerja dari rumah kamu juga bisa melatih aktif listening ini dengan cara menulis not dari apa yang rekan kerja sampaikan atau kerjakan.

 

Nah itu tadi beberapa tips untuk meningkatkan social skill saat kerja dari rumah, perlu diingat bahwa social skill ini sangatlah penting bagi kita terutama saat kita bekerja dari rumah, meskipun kita tidak bisa bertatap langsung dengan rekan kerja akan tetapi kamu harus bisa tetap menjalin komunikasi baik agar pekerjaan yang dikerjakan selesai dan maksimal.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap kamu bisa mengunjungi TopKarir, dapatkan informasi menarik lainnya mengenai karir serta seputar pekerjaan hanya di TipsKarir.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.