10 Rekomendasi Situs Baca Buku Online Gratis Cocok di Baca Saat Libur Kerja

10 Rekomendasi Situs Baca Buku Online Gratis Cocok di Baca Saat Libur Kerja | TopKarir.com
24 OCT 2022 14:56 SEPUTAR KARIR 19857 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

 

Baca Buku merupakan salah satu aktivitas yang selain bisa memberikan ilmu dan manfaat juga memiliki berbagai manfaat lain untuk tubuh dan pikiran, saat ini kamu bisa membaca buku tidak hanya ke perpustakaan karena ada berbagai situs baca buku online gratis yang bisa kamu baca di internet.

 

Kamu bisa mengisi waktu luang kamu saat libur kerja dengan membaca buku pada beberapa situs baca buku online gratis ini, Adapun untuk beberapa situsnya kamu bisa menyimaknya pada pembahasan di bawah.

 

10 Rekomendasi Situs Baca Buku Online Gratis Cocok Dibaca Saat Libur Kerja

Membaca buku merupakan salah satu cara agar kita bisa mengisi waktu luang kita saat bekerja di rumah, dengan membaca buku tentunya kita akan bisa menambah pengetahuan lebih luas, ada berbagai cara untuk bisa membaca buku Baik itu dengan langsung pergi ke perpustakaan untuk membaca, membeli buku secara langsung di toko buku, hingga membaca pada situs buku online.

 

Karena di zaman yang sudah semakin berkembang saat ini kita bisa membaca buku tidak perlu jauh-jauh ke perpustakaan karena ada beberapa situs berikut Kamu bisa membaca buku online dengan gratis di rumah.

 

Penasaran apa saja situsnya? Berikut adalah rekomendasinya.

 

Wattpad

Yang pertama adalah wattpad, kamu bisa membaca buku secara online dengan gratis pada wattpad karena di sini akan ada berbagai genre buku yang cukup lengkap, Selain itu wattpad juga menyediakan fitur untuk menulis jadi ketika kamu mempunyai ide kamu bisa membagikan ide kamu pada wattpad.

 

Di wattpad kebanyakan berisi buku novel serta buku dengan berbagai genre contohnya seperti genre sci-fi, fiksi, hingga genre horor.

 

Google Book

Rekomendasi situs baca buku berikutnya adalah Google book, Jika kamu salah satu pembaca yang lebih menyukai membaca buku berbahasa Indonesia maka aplikasi baca buku Google book menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu pilih untuk membaca buku.

 

Di sini kamu akan menemukan berbagai buku dengan genre berbahasa Indonesia, Selain itu kamu juga akan mendapatkan buku sastra kontemporer yang juga bisa kamu baca secara legal.

 

Namun untuk bisa membaca buku pada Google book sistemnya sama seperti perpustakaan jadi kamu hanya bisa meminjam buku ketika buku yang ingin kamu baca tersedia, serta kamu hanya bisa membaca buku dalam batas waktu peminjaman.

 

Storial.co

Situs baca buku online gratis berikutnya adalah storial.co, Dalam situs ini kamu bisa memilih ingin membaca buku-buku kontemporer Indonesia karena pada situs ini dikenal ada beberapa penulis di Indonesia contohnya seperti Bernard batubara yang merilis novelnya pada situs ini.

 

Ada berbagai pilihan genre yang bisa kamu pilih ketika ingin membaca buku pada situs storial.co, jadi kamu bisa pilih genre buku sesuai dengan keinginan kamu.

 

Novel Nusantara

Berikutnya adalah novel Nusantara, Jika kamu salah satu pecinta novel maka kamu bisa membaca buku novel pada situs novel Nusantara, di sini akan ada berbagai novel buatan penulis lokal.

 

Untuk membacanya kamu bisa mendownload aplikasi novel Nusantara terlebih dahulu Lalu setelah itu kamu bisa mulai membaca buku dengan berbagai genre yang ditulis oleh penulis Indonesia.

 

Dalam novel Nusantara akan ada sebuah game RPG yang mana semakin banyak kamu mereview buku di dalamnya maka kamu akan mendapat banyak poin XP yang bisa menaikkan level kamu.

 

NetGalley

Rekomendasi situs baca buku online gratis berikutnya adalah netgallery, Dalam situs ini kamu bisa membaca buku yang masih dalam tahap produksi ataupun Pinisi karena akan ada pertemuan antara penerbit, penulis dan pembaca jadi kamu bisa membaca bukunya lalu kemudian memberikan feedback berupa review yang jujur kepada penulis.

 

Dalam situs ini juga ada beberapa penerbit yang terkenal jadi kamu sudah pasti bisa membaca buku mereka yang menjadi best seller.

 

Getfreebooks.com

Rekomendasi situs baca buku online berikutnya adalah getfreebook.com, pada situs ini kamu bisa mencari kumpulan buku dari seluruh dunia dan tidak hanya itu kategorinya pun cukup lengkap mulai dari buku ilmiah, buku cerpen, buku cerita horor, buku genre fantasi, dan masih banyak lagi.

 

Open Library

Bagi kamu yang ingin membaca buku yang bergenre art, science fiction, fantasy, hingga biografi kamu bisa membaca buku online secara gratis pada situs open library.

 

Dalam situs ini akan terdapat berbagai buku yang bisa kamu baca, namun untuk buku yang tersedia di sini merupakan buku berbahasa Inggris jadi Jika kamu ingin membacanya pada bahasa Indonesia kamu bisa mentranslatenya terlebih dahulu.

 

iJakarta

Rekomendasi baca buku online gratis berikutnya adalah pada situs iJakarta, Dalam situs ini kamu bisa membaca buku komik hingga majalah secara gratis caranya kamu bisa mendownload terlebih dahulu aplikasinya kemudian mulai membaca buku dengan berbagai genre di sini.

 

Aplikasi ini merupakan sebuah perpustakaan digital yang dimiliki oleh pemerintah DKI Jakarta yang mana aplikasi ini didesain menarik dan menyenangkan sehingga kamu bisa sharing quotes buku di sosial media. 

 

Berbagai buku yang terdapat pada situs ini tentunya bisa kamu baca secara legal dan gratis.

 

ManyBooks.net

Rekomendasi selanjutnya adalah manybooks.net, pada situs ini kamu bisa mendownload berbagai buku secara gratis dengan berbagai format, kamu tinggal memilih buku berdasarkan penulis, judul maupun bahasa.

 

Selain itu kamu juga bisa mendownload buku yang paling populer caranya dengan memilih terlebih dahulu buku yang ingin kamu download kemudian pilih format buku baik itu PDF file atau pun zip file tergantung dari format apa yang mau kamu download.

 

iPusnas

Situs baca buku online yang terakhir yang bisa kamu baca adalah pada situs ipusnas, mana situs ini kamu bisa membaca berbagai buku dengan bahasa Indonesia.

 

Ada berbagai buku yang bisa kamu temukan pada aplikasi ini mulai dari buku sastra kontemporer Indonesia hingga buku dengan berbagai genre lainnya, kamu bisa membaca buku di sini secara legal Dan untuk sistem peminjaman bukunya hampir sama dengan sistem perpustakaan jadi kamu hanya bisa meminjam buku yang tersedia saja dengan batas waktu peminjaman tertentu.

 

Itu tadi beberapa rekomendasi situs baca buku online gratis yang bisa kamu coba saat libur bekerja, seperti yang kita tahu bahwa membaca buku tentunya memiliki berbagai manfaat baik itu untuk tubuh dan pikiran.

 

Selain itu dengan membaca buku juga tentunya akan memberikan manfaat bagi kita terutama saat membacanya sebelum tidur, hubungi kamu yang ingin mengetahui apa saja manfaat baca buku sebelum tidur kamu bisa menyimak manfaatnya berikut ini.

 

6 Manfaat Baca Buku sebelum Tidur

Ada beberapa manfaat saat kamu membaca buku sebelum tidur, Adapun untuk manfaatnya yaitu:

 

Bisa Mengurangi Stres

Setelah kamu bekerja seharian tentunya pikiran kamu akan stres ketika ada banyak pekerjaan yang belum selesai, meskipun kamu sedang tidak bekerja atau libur akan tetapi pikiranmu masih dipenuhi oleh berbagai tugas yang akan dilakukan nanti.

 

Oleh karena itu saat kamu tidur biasanya kamu akan memiliki banyak pikiran dan susah untuk tidur, untuk mengatasi hal tersebut maka solusi terbaik yang bisa kamu coba adalah dengan cara membaca buku sebelum tidur karena hal ini akan bisa membuat kamu mengurangi stres.

 

Saat kamu membaca buku sebelum tidur dan berhasil terhanyut dalam bacaan kamu maka tingkat stres yang bisa kamu kurangi bisa sampai 68%, meskipun kamu hanya membaca buku sebelum tidur sebentar misalnya 6 menit saja akan tetapi hal ini bisa berdampak positif bagi kamu.

 

Membantu Mengatasi Insomnia

Manfaat berikutnya membaca buku sebelum tidur adalah bisa membantu mengatasi insomnia, Jika kamu sering merasa ngantuk ketika membaca maka hal tersebut sebenarnya merupakan respon yang sangat normal terutama ketika kamu membaca buku fisik.

 

Selain itu dengan membaca buku sebelum tidur merupakan salah satu hal yang bisa membantu kamu mengatasi insomnia dan gampang untuk tidur, contohnya seperti membaca buku dongeng sebelum tidur yang merupakan kebiasaan di malam hari yang memang berhasil untuk membuat rangsangan untuk datang.

 

Oleh karena itu bagi kamu yang merasa masih mengalami insomnia maka kamu bisa mencoba mengatasinya dengan membaca buku sebelum tidur.

 

Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Selain bisa mengatasi insomnia dengan membaca buku sebelum tidur juga tentunya bisa membantu tidur kamu lebih nyenyak dan lebih lama.

 

Meskipun kamu membaca buku sebentar sebelum tidur tetapi hal ini bisa membantu durasi tidurmu sedikit lebih panjang, bahkan beberapa orang merasa bahwa membaca buku bisa mengatasi rasa cemas mereka Jadi mereka tidak terbangun di malam hari. 

 

Jadi apabila tidur kamu merasa tidak nyenyak kamu bisa mencoba membaca buku sebelum tidur. Agar tidur kamu menjadi lebih nyenyak dan lebih lama.

 

Memperbaiki Fokus

Manfaat membaca buku sebelum tidur berikutnya adalah dapat memperbaiki fokus, saat kamu memiliki pekerjaan yang harus dikerjakan meskipun kamu di hari libur maka solusinya dengan membaca buku sebelum tidur hal ini bisa memperbaiki fokus dan konsentrasi kamu.

 

Jadi ketika keesokan harinya kamu pergi bekerja fokus dan juga konsentrasi kamu bisa lebih baik untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang sebelumnya belum terselesaikan.

 

Dengan kebiasaan membaca buku sebelum tidur ini tentunya akan membawa kehidupan sehari-hari kamu menjadi lebih baik baik itu dalam seni pekerjaan maupun hal lainnya yang membutuhkan fokus dan konsentrasi.

 

Membuat Suasana Hati Tenang

Berikutnya adalah bisa membuat suasana hati lebih tenang, dengan membaca buku sebelum tidur tentunya hal tersebut bisa membuat hati lebih tenang namun hal ini juga tergantung pada buku apa yang kamu baca.

 

Daripada sebelum tidur kamu masih bermain sosial media ataupun menonton TV, ada baiknya Kamu memanfaatkan smartphone kamu untuk membaca buku online secara gratis pada beberapa situs yang sudah disebutkan diatas tadi agar sebelum tidur suasana hati kamu bisa lebih tenang sehingga kualitas tidur kamu bisa lebih optimal.

 

Membuat Tubuh Lebih Rileks

Manfaat membaca buku sebelum tidur yang terakhir adalah bisa membuat tubuh lebih rileks, tidak bisa dipungkiri bahwa penyebab kamu susah tidur biasanya tubuh yang merasa pada kondisi yang tegang dan tidak rileks sehingga membuat kamu susah tidur setiap malamnya.

 

Dengan membaca buku sebelum tidur adalah salah satu cara yang bisa kamu coba karena dengan membaca buku akan memberikan manfaat yaitu tubuh menjadi lebih rileks, terutama ketika kamu membaca buku dengan genre self healing tentunya bisa membuat kamu jauh lebih rileks.

 

Penutup

Itu tadi pembahasan mengenai rekomendasi situs baca buku online gratis yang cocok dibaca saat libur kerja serta manfaat baca buku sebelum tidur, seperti yang kita tahu bahwa saat ini kita bisa membaca buku dengan berbagai cara mulai dari membaca buku fisik hingga membacanya melalui situs baca buku online.

 

Namun biasanya anak muda zaman sekarang lebih menyukai membaca buku secara online apalagi cara ini dirasa lebih mudah dan praktis sehingga kita bisa membaca buku di mana saja dengan mudah menggunakan smartphone, tidak hanya itu kita juga bisa membaca buku sebelum tidur dengan mudah menggunakan smartphone agar bisa mendapatkan berbagai manfaat yang sudah disebutkan di atas tadi. 

 

Gimana tertarik untuk mulai membaca? Bagi kamu yang tertarik untuk mulai membaca buku ada baiknya dimulai dengan membaca beberapa artikel terlebih dahulu, agar nantinya saat membaca buku kamu sudah terbiasa, kamu bisa membaca berbagai artikel mengenai tips karir dan pekerjaan di TipsKarir.

 

Adapun bagi kamu yang suka membaca buku dan tertarik untuk bekerja dalam pembuatan sebuah buku ada berbagai pekerjaan yang cocok bagi kamu, mulai dari editor, hingga penulis yang bisa kamu dapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan nya melalui TopKarir.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.